KELAYAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA TERINTEGRASI NILAI AGAMA PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN

Siti Rosada, Retno Triwoelandari, Irfan Supriatna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan lembar kegiatan siswa terintegrasi nilai agama pada mata pelajaran IPA dalam mengembangkan karakter disiplin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang telah dimodifikasi oleh Sukmadinata yang merupakan penyederhanaan dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Metode penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi LKS, lembar observasi karakter disiplin, dan angket respon siswa. Analisis data angket validasi LKS dan angket respon siswa menggunakan perhitungan rata-rata; dan analisis data lembar observasi karakter disiplin menggunakan aplikasi SPSS 20. Hasil analisis angket validasi ahli materi menunjukkan bahwa LKS sangat valid dalam aspek materi serta layak digunakan. Hasil analisis angket validasi ahli bahasa menunjukkan bahwa LKS valid dalam aspek bahasa serta layak digunakan. Hasil analisis angket respon siswa pada uji lapangan menunjukkan bahwa tingkat kemudahan penggunaan LKS sangat kuat.  Hasil analisis test-t independent samples test karakter disiplin menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunan LKS. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka LKS dinyatakan layak digunakan untuk mengembangkan karakter disiplin.

 

Kata kunci: Integrasi agama; karakter disiplin; lembar kegiatan siswa

References


Chaeruddin, B. (2016). Ilmu-ilmu umum dan ilmu-ilmu keislaman (suatu upaya integrasi). Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 209–222.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan pengembangan bahan pelajaran.

Djudin, T. (2012). Mempelajari sains, mengimani Sang Pencipta: Menyisipkan nilai-nilai religius dalam pembelajaran sains. 3(1), 8–14.

Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis multiple intelligences pada pokok bahasan Substansi Genetika kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1–18.

Fitri, R. A., Noviana, E., & Fendrik, M. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada mata pelajaran matematika kelas 5 sekolah dasar (penelitian pengembangan dengan materi Volume Kubus dan Balok di SD IT Al-Fityah). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1–12.

Frisca, C., Rosidin, U., & Ertikanto, C. (2014). Pengembangan LKS dalam pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(2), 77–88.

Hasanah, N., & Zuhaida, A. (2018). Pengembangan lembar kerja desain madrasah sains integratif: Integrasi sains agama dalam pelaksanaan dan perangkat pembelajaran. Edukasia: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 155–179.

Jabar Ekspress. (2018). Razia Pelajar Bolos Sekolah. JabarEkspress.

Kumalasari, I., Luciana, N., & Wijaya, C. (2019). Integrasi pendidikan nilai dalam membangun karakter siswa di Sekolah Dasar Jampalan Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 4(1), 1–11.

Majid, A. (2014). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Margariena, I. N., Imron, A., & Burhanuddin. (2016). Mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Seminar Nasional Pengembangan Profesionalisme Pendidik Untuk Membangun Karakter Anak.

Muspiroh, N. (2013). Integrasi nilai Islam dalam pembelajaran IPA (perspektif pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 28(3), 484–498.

Nata, A. (2018). Islam dan ilmu pengetahuan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurhayati, P. (2017). Pengembangan lembar kerja pembelajaran IPA berbasis Al Quran untuk siswa MI. AL Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 61–74.

Putri, B. K., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan LKS IPA terpadu berbasis inkuiri tema Darah di SMPN 2 Tengaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 102–106. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2709

Riduwan. (2012). Skala pengukuran variabel-variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Rusdiana, A. (2014). Integrasi pendidikan agama Islam dengan sains dan tekonologi. Jurnal Istek, 8(2), 123–143.

Sasmito, L. F., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik tematik-integratif berbasis pendidikan karakter pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 70–81.

Shobirin, M., Subyanto, & Rusilowati, A. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa bahasa Inggris bermuatan nilai pendidikan karakter kelas V Madrasah Ibtidaiyah Semarang. Journal of Primary Education: JPE, 2(2), 63–70.

Suhenriyadi, A., Suyanto, E., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan LKS model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(4), 63–71.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suradi, S. (2017). Pembentukan karakter siswa melalui penerapan disiplin tata tertib sekolah. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 522–533. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.104

Susilowati, Aswad, M. H., & Hasri. (2018). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIIA SMPN 1 Kalaena Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur. 11(1), 55–72.

Wulandari, Triwoelandari, R., & Asmahasanah, S. (2017). Pengembangan model lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis inkuiri untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu Siswa Kelas 5 Di SDIT Kota Bogor. Proceeding 2nd Internasional Multiliteracy Conference and Workshop for Students and Teachers, 421–429.

Yasir, M., Susantini, E., & Isnawati. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis strategi belajar metakognitif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pewarisan Sifat Manusia. BioEdu, 2(1), 77–83.

Yatini, & Triwoelandari, R. (2018). Pengaruh metode insersi pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) terhadap karakter religius siswa kelas 5 SD Al-Azhar Syifa Cibinong. Jurnal Akrab Pekanbaru, 3(3), 75–84.

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan saintifik untuk mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa SD. Metode Didaktik Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(2), 87–98.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Rosada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats