Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam terhadap Anak di Pondok Pesantren

Ahmad Aly Syukron Aziz Al Mubarok

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan bahwa keteladanan terhadap anak di pondok pesantren Arriyadl Blimbing sari Sooko Mojokerto merupakan contoh pendidikan islam, keberhasilan dalam mempersiapkan dan membentuk anak di dalam moral, spiritual dan sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui keteladanan terhadap anak perlu diketahui bahwa pendidik adalah contoh terbaik dalam pandangan anak, yang akan ditirunya dalam tindak-tunduknya, tata santunnya baik disadari maupun tidak, bahkan tercetak dalam jiwa dan perasaan suatu gambaran pendidik tersebut baik dalam ucapan maupun perbuatan, baik material maupun spiritual. Terjadi pengikisan tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak. Kebanyakan orang tua yang terlalu sibuk dengan aktivitas di luar rumah sehingga mengabaikan tugas mendidik anak dengan baik dalam lingkungan keluarga.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Nashih Ulwan. (1992). Pendidikan Anak Menurut Islam: Kaidah-Kaidah Dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Abdurrahman Saleh, Abdullah. (2017). Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al Qur’an, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Achmadi. (2005). Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Akhmad Zulfaidin Akaha, ed. (2001). Psikologi Anak dan Remaja Muslim. Jakarta Timur: Pustaka al-Kautsar.

Al-Imam Jalal al-Din Abd al-Rahman ibn Abi Bakr al-Suyuthi, Al-Jami’ al-Shaghir fi Ahadis al-Basyir al-Nadzir (Beirut: Dar al-Fikr, t.th), Juz II.

Ali Abdul Halim Mahmud, Pendidikan Ruhani. (2000). Jakarta: Gema Insani,

Arikunto, Suharsimi. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atang Abd. Hakim, Jaih Mubarok. (2000). Metodologi Studi Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Basrowi, Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Bukhori. (2017). Jurnal Azkia Vol. 12, No. 1, Juli.

Hanis Syam, Yunus. (2004). Cara Mendidik Generasi Islami: Sistem dan Pola Asuh yang Qur’ani, Media Jenius Lokal: Yogyakarta.

Iqbal, Abu Muhammad, (2015). Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muchtar, Heri jauhari. (2005). Fikih Pendidikan, Bandung: PT. Rosdakarya, cet.1.

Mufatihatut Taubah. (2015). Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif

Islam, (Online), Vol. 03, No. 01, hlm. 111, 27 Juli 2019, Pukul 17.00.(http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/download/41/41).

Nurul Hidayat. (2015). Keteladanan dalam Pendidikan, jurnal, TA’ALLUM, 03:02.

Omar Muhammad al-Taumy, al-syaibany. Filsafat Tarbiyah al-Islamiyah, terjemahan Hasan Langgulung. Falsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarif Abdurrahman, Ahmad Rozali, Fase Mendidik Anak dalam Islam, NU Online, Diakses, 26 Juli 2019.

Tim Penyusun. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.

Yus, Anita. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

Zakiah daradjat. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Aly Syukron Aziz Al Mubarok

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats