Analisis Tingkat Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama

Arip Nurrahman, Ardy Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat karakter religius siswa kelas VIIIA dan VIIIB di SMP Negeri 22 Kota Jambi dalam kehidupan sehari-hari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi menggunakan instrumen angket karakter. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat karakter religius siswa kelas VIIIA SMP Negeri 22 Kota Jambi berada dalam kategori sangat baik, yaitu dengan persentase sebesar 85,7%. Sedangkan tingkat karakter religius siswa kelas VIIIB SMP Negeri 22 Kota Jambi juga berada dalam kategori sangat baik, yaitu dengan persentase sebesar 96,8%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIIIA dan VIIIB SMP Negeri 22 Kota Jambi, memiliki tingkat karakter religius dalam kategori sangat baik yaitu dengan persentase sebesar 91,5%.


Full Text:

PDF

References


Afandi, R. 2011. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo: Pedagogia, 1(1), 83-98.

Aulia, L. R. (2016). Implementasi Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan,3(5), 314-323.

Ayuwanti, Irma. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. Jurnal SAP, 1(2), 105-114.

Azhar, K., Sa’idah, I. (2017). Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik di MI Kabupaten Demak. Jurnal Al-Ta’dib, 10 (2), 76-77.

Dedih, U., Zakiyah, Q. Y., Melina, J. O. (2019). Perhatian Orang Tua dalam Pendidikan Keagamaan Anak di Rumah Hubungannya dengan Perilaku Mereka di Lingkungan Sekolah. Jurnal Atthulab, 4 (1), 2-10.

Desstya, Anatri., dkk. (2017). Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 1-11.

Fauzi, Achmad Ryan., Zainuddin., dan Atok, Rosyid Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalaui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 27-36.

Febrianshari, Deddy., dkk. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 88-95.

Frimadani, D, D. 2016. Penyusunan dan Pengembangan Instrumen Non Tes. https:// www.academia.edu /32658292/ PENYUSUNAN_DAN_ PENGEMBANGAN_INSTRUMEN_NON_TES. Diakses pada tanggal 21 April 2019.

Ghufron, N, Risnawati, R. (2010). Teori-Teori Psikologi (p.167). Jogjakarta: ArRuzz Media.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96.

Hardiyanti, P. T., Nuryanta, N. (2016). Pengaruh Religiusitas Lingkungan Sekolah Terhadap Konsep Diri Siswa-Siswi di MAN Pakem Sleman. Jurnal Hisbah, 13 (1), 86.

Hidayatullah, M, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa (p. 23). Surakarta: Yuma Pustaka.

Indriawati, P. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 1.

Jusita, Martina Lona. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter dalam Aktivitas Belajar Menggunakan Media Pembelajaran “Pecango”. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 22-26.

Kardiyem. (2013). Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Akuntansi (Inspirasi) Diary (Solusi Konservasi Moral). Jurnal Dinamika Akuntansi, 5(1), 47-54.

Kautsar, A, Edi, J. (2017). Pendidikan Karakter Religius, Disiplin dan Bakat Melalui Penigkatkan Kualitas Sarana Prasarana Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2(5), 272-275.

Ningsih, W, A. (2017). Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Kelas V di SD Islam Al-Madina Kota Semarang Tahun 2016/2017. S.Pd Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Nugraha, A., Rahmawati, Y. (2007). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Pratikno, A. S. (2016). Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Membaca Surat Yasin Secara Klasikal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter (pp. 55-61). Yogyakarta, Indonesia: Universitas Negeri Yogyakarta.

Raslimin, W. O. (2018). PENERAPAN SIKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA MTsN I WAKATOBI. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(1), 115-135.

Salahudin, Anas dan Alkrienciechie, I. (2013). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa (p. 42). Bandung: Pustaka Setia.

Santosa, A. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Siswa di MTsN Kanigoro kras Kabupaten Kediri. Jurnal Didaktika Religia , 2 (1) 21-38.

Situmorang, P., Nurrahman, A. (2019). Analisis Perilaku Jujur Siswa dalam Pembelajaran IPA Terpadu Materi Kalor dan Perpindahannya di SMP Negeri 6 Kota Jambi. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(1), 71.

Supranoto, Heri. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49.

Sutiyono, Suharno. 2018. Strategi Penguatan Karakter Bangsa pada Mahasiswa di “Padepokan Karakter” Universitas Negeri Semarang. Jurnal Nalar Pendidikan, 6 (1), 56.

Sutrisno. (2016). Penanaman Nilai Religius di Keluarga untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di Sekolah. M.Pd Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Utami, A. T. (2014). Pelaksanaan Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen. S.Pd Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arip Nurrahman, Ardy Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats