Analisis Data Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Operasi Aritmatika Dasar

Amanda La Hadi, Dedyerianto Dedyerianto

Abstract


Studi ini mengungkapkan bagaimana pemahaman siswa tentang aritmatika dasar dan mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi ketika mereka menyelesaikan masalah. Meskipun guru telah menjelaskan prosedur operasi aritmatika dasar pada bilangan cacah, bilangan bulat, dan pecahan sejak sekolah dasar, tetapi masih ada kesalahpahaman konsep di antara siswa. Miskonsepsi ini mayoritas terjadi pada operasi yang melibatkan pecahan. Perbedaan konsep antara apa yang dipahami oleh responden dalam proses belajar mereka dan ilmu pengetahuan telah menghasilkan persepsi yang salah. Dalam artikel ini, penulis menjelaskan analisis kesalahpahaman dalam konsep yang dilakukan siswa pada jenjang sekolah menengah pertama. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam pemberian tes pengetahuan dasar matematika dengan melibatkan 237 siswa kelas 7 dan 8 sebagai peserta di empat sekolah yang berbeda. Penelitian ini menemukan miskonsepsi yang dialami siswa dalam operasi aritmatika dasar yang berupa pengurangan dengan bilangan negatif, penjumlahan dan pengurangan pecahan, dan pembagian pecahan

Kata Kunci: analisis data; aritmatika dasar; bilangan bulat; miskonsepsi matematika;  pecahan

 



Full Text:

PDF

References


Aliustaoğlu, F., Tuna, A., & Biber, A. Ç. (2018). Misconceptions of sixth grade secondary school students on fractions. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(5), 591–599. DOI: 10.26822/iejee.2018541308

Bailey, D. H., Hoard, M. K., Nugent, L., & Geary, D. C. (2012). Competence with fractions predicts gains in mathematics achievement. Journal of Experimental Child Psychology, 113(3), 447–455. DOI: 10.1016/j.jecp.2012.06.004

Ball, D. L. (1990). Prospective elementary and secondary teachers’ understanding of division. Journal for Research in Mathematics Education, 21(2), 132–144.

Bolognese, C., Fellows, S. A., & Schuhl, S. (2019). Mathematical misconceptions. The Mathematics Teacher, 112(6), 404-405. DOI: 10.5951/mathteacher.112.6.0404

Booth, J. L., & Newton, K. J. (2012). Fractions: Could they really be the gatekeeper’s doorman? Contemporary Educational Psychology, 37(4), 247–253. DOI: 10.1016/j.cedpsych.2012.07.001

Bush, S. B., & Karp, K. S. (2013). Prerequisite algebra skills and associated misconceptions of middle grade students: A review. Journal of Mathematical Behavior, 32(3), 613–632. DOI: 10.1016/j.jmathb.2013.07.002

Ciosek, M., & Samborska, M. (2016). A false belief about fractions - What is its source? Journal of Mathematical Behavior, 42, 20–32. DOI: 10.1016/j.jmathb.2016.02.001

Deringöl, Y. (2019). Misconceptions of primary school students about the subject of fractions: Views of primary teachers and primary pre-service teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(1), 29. DOI: 10.11591/ijere.v8i1.16290

Deswita, R., & Kusumah, Y. S. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35. DOI: 10.32939/ejrpm.v1i1.220

Dhlamini, Z. B., & Kibirige, I. (2014). Grade 9 learners’ errors and misconceptions in addition of fractions. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(8), 236–244. DOI: 10.5901/mjss.2014.v5n8p236

Fuadiah, N. F., Suryadi, D., & Turmudi, T. (2016). Some difficulties in understanding negative numbers faced by students: A qualitative study applied at secondary schools in Indonesia. International Education Studies, 10(1), 24-38. DOI: 10.5539/ies.v10n1p24

Ghazali, N. H. C., & Zakaria, E. (2011). Students’ procedural and conceptual understanding of mathematics. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(7), 684–691.

Hadi, A. L., Cahyono, E., & Kadir, K. (2017). Kemampuan calon guru dalam mengajukan soal cerita kontekstual tentang penjumlahan pecahan. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 2(2), 33–44.

Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis kesalahan dan miskonsepsi siswa kelas VIII pada materi aljabar. Edusentris, 1(2), 134-145.

Kadir (2010.) Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis potensi pesisir sebagai upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik, komunikasi matematik, dan keterampilan sosial siswa SMP. Disertasi tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Kemendikbud. (2013). Materi pelatihan guru implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs matematika. Jakarta: Kemendikbud.

Kelly, A. E. (2008). Reflections on the national mathematics advisory panel final report. Educational Researcher, 37(9), 561-564.

Koichu, B., Harel, G., & Manaster, A. (2013). Ways of thinking associated with mathematics teachers ’ problem posing in the context of division of fractions. Instructional Science, 41(4), 681–698. DOI: 10.1007/s11251-012-9254-1

Leinhardt, G., Stein, M. K., & Zaslavsky, O. (1990). Functions, graphs, and graphing: Tasks, learning, and teaching. Review of Educational Research, 60(1), 1–64. DOI: 10.3102/00346543060001001

Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. DOI: 10.22342/jpm.13.1.6668.1-8

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. New York: Sage.

Muhsin, Johar, R., Nurlaelah, E. (2013). Peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis melalui pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Peluang, 2(1), 13–24.

Nillas, L. A. (2010). Fraction operations : Preservice teachers’ misconceptions and perceptions about problem-solving. Scholarly Publications, 47, 103–124.

O’Connell, S., & SanGiovanni, J. (2011). Mastering the basic math facts in addition and subtraction. UK: Heinemann.

OECD. (2019). PISA 2018 insights and interpretations. OECD Publishing, 64. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf

Ojose, B. (2015). Students’ misconceptions in mathematics: Analysis of remedies and what research says. Ohio Journal of School Matehmatics, 72, 30–34.

Philipp, R. A. (2000). Unpacking a conceptual lesson : The case of dividing fractions. Center for Research in Mathematics and Science Education, San Diego State University: San Diego, CA.

Priyambodo, S. (2016). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan metode pembelajaran personalized system of instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 10–17.

Siegler, R. S., Duncan, G. J., Davis-Kean, P. E., Duckworth, K., Claessens, A., Engel, M., Susperreguy, M. I., & Chen, M. (2012). Early predictors of high school mathematics achievement. Psychological Science, 23(7), 691–697. DOI: 10.1177/0956797612440101

Siegler, R. S., Fazio, L. K., Bailey, D. H., & Zhou, X. (2013). Fractions: The new frontier for theories of numerical development. Trends in Cognitive Sciences, 17(1), 13–19. DOI: 10.1016/j.tics.2012.11.004

Siegler, R. S., Thompson, C. A., & Schneider, M. (2011). An integrated theory of whole number and fractions development. Cognitive Psychology, 62(4), 273–296. DOI: 10.1016/j.cogpsych.2011.03.001

Vermeulen, C., & Meyer, B. (2017). The equal sign: Teachers’ knowledge and students’ misconceptions. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 21(2), 136–147. DOI: 10.1080/18117295.2017.1321343




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv13i1.1733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Amanda La Hadi, Dedyrianto Dedyrianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats