Penguasaan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa Tadris Biologi Melalui Tugas Menulis Jurnal Belajar

Syarif Rizalia, Andi Nurannisa Syam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemberian tugas menulis jurnal belajar terhadap penguasaan keterampilan metakognitif mahasiswa. Sampel penelitian adalah 31 mahasiswa semester lima pada program studi Tadris Biologi. Mereka dibagi ke dalam dua kelompok: kelompok 1 menggunakan strategi menulis jurnal belajar, dan kelompok 2 tidak menggunakan strategi menulis jurnal belajar. Indikator penelitian ini adalah skor yang diperoleh mahasiswa pada lembar inventory Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan SEMLI-S pada masing-masing kategori keterampilan metakognitif yaitu merencanakan, memonitoring, dan mengevaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif kelompok 1 lebih tinggi dibanding kelompok 2, dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dibanding nilai α sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan penguasaan keterampilan metakognitif yang signifikan antara kelompok 1 dan kelompok 2.

Kata KunciJurnal belajar; Keterampilan Metakognitif; Metacognitive Awareness Inventory

 


Full Text:

PDF

References


Cetinkaya, P., & Erktin, E. (2002). Assessment of metacognition and to relationship with reading comprehension, achievement, and aptitude. Boğaziçi Üniversitesi Eğitim Dergisi. 19(1), 1-11.

Corebima, A. D., & Idrus, A. A. (2006). Pemberdayaan dan pengukuran kemampuan berpikir pada pembelajaran biologi (empowerment and measurement of thinking skill in biology learning). In International Conference and Measurement and Evaluation in Education, School of Educational Studies UniversitiSains Malaysia Penang, Malaysia. Vol. 103.

Nur, M., & Ibrahim, M. (2011). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: PSMS Unesa.

Jahidin. (2008). Pemahaman guru-guru biologi SMAN Bau-Bau tentang keterampilan metakognitif dan strategi kooperatif STAD & CIRC. Bioedukasi: Jurnal Biologi dan Pembelajaran. 1(2): 126–139.

Jahidin. (2010). Pengaruh strategi pembelajaran M3K (reading, identification, and examine of concept) dan konvensional terhadap keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep biologi. Jurnal Gema Pendidikan. 17(2): 28–35.

Jahidin. (2012). Pemberdayaan keterampilan metakognisi berbasis pembelajaran kontekstual serta hubungannya dengan penguasaan konsep biologi. Jurnal MIPA. 11(1): 38-47.

Kadir. (2012). Statistika Pendidikan. Kendari: Universitas Haluoleo.

Koriat, A., Goldsmith, M., & Pansky, A. (2000). Toward a psychology of memory accuracy. Annual Review of Psychology. 51(1): 481-537.

Lee, M. & Baylor, A. L.. (2006). Designing metacognitive maps for web-based learning. Educational Technology & Society. 9(1): 344–348.

Nurhadi, B. Y., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Nurfaidah, S., Lengkanawati, N. S., & Sukyadi, D. (2017). Levels of reflection in EFL pre-service teachers’ teaching journal. Indonesian Journal of Applied Linguistics. 7(1): 80-92.

Peters, M. (2000). Does constructivist epistemology have a place in nurseeducation?. Journal of Nursing Education. 39(4): 166-172.

Pillow B. (2008). Development of children’s understanding of cognitive activities. Journal of Genetic Psychology. 169(4): 297-321.

Sabilu, M. (2009). Pengaruh penggunaan jurnal belajar dalam pembelajaran multi strategi terhadap kemampuan kognitif dan metakognitif siswa SMA Negeri 9 Malang. Tesis. Malang: Universitas Malang.

Sadikin, A., Aina, M., & Hakim, N. (2016). Penerapan asesmen berbasis portofolio dan jurnal belajar untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Biologi. BIODIK. 2(2): 50-61.

Septiyana, K., Prasetyo, A. P. B., & Christijanti, W. (2013). Jurnal belajar sebagai strategi berpikir metakognitif pada pembelajaran Sistem Imunitas. Journal of Biology Education. 2(1): 1-9.

Setiawan, D. C., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2013). Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching (RT) dipadu pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap kemampuan metakognitif biologi siswa SMA Islam Al–Ma’arif Singosari Malang. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning. 10(2): 195-201.

Setiawan, D. C., & Setiawan, D. (2020). Pemberdayaan metakognitif mahasiswa melalui model pembelajaran jinemam. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan. 5(01): 11-17.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (Penjmh. Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Soto, C., de Blume, A. P. G., Jacovina, M., McNamara, D., Benson, N., & Riffo, B. (2019). Reading comprehension and metacognition: The importance of inferential skills. Cogent Education. 6(1): 1–20. Doi.org/10.1080/2331186x.2019.1565067

Thorpe, K. (2004). Reflective learning journals: From concept topractice. Reflective Practice. 5(3): 327-343.

van Velzen, J. (2016). Metacognitive Learning: Advancing Learning by Developing General Knowledge of The Learning Process. London: Springer.

Weinstein, C. E., & Mayer, R. E. (1986). The teaching of learning strategies. Handbook of Research on Teaching. Vol. 3: 315–327.

Yukselturk, E., & Bulut, S. (2005). Relationships among self-regulated learning components, motivational beliefs and computer programming achievement in an online learning environment. Meditteranean Journal of Educational Science.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Dalam Seminar Nasional Pendidikan, Juni, 1–17. https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.6b02842.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv13i1.1844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Syarif Rizalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats