PENINGKATAN MUTU DAN PROFIL LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)

Rasmi Rasmi

Abstract


Mutu memiliki pengertian yang bervariasi. Oleh karena itu,
diperlukan sebuah pemahaman yang jelas terhadap variasi makna
mutu tersebut. Sebuah pemahaman tentang variasi arti mutu sangat
diperlukan sebagai langkah awal dalam memahami tentang Total
Quality Management (TQM). Total Quality Management (TQM)
merupakan perluasan dan pengembangan dari jaminan mutu dan
tentang usaha menciptakan kultur mutu, yang mendorong semua
anggota stafnya untuk memuaskan para pelanggan. TQM adalah
sebuah pendekatan praktis, namun strategis dalam menjalankan
roda organisasi yang memfokuskan diri pada kebutuhan pelanggan
dan kliennya. Bukan merupakan sekumpulan slogan, namun
merupakan suatu pendekatan sistematis dan hati-hati untuk
mencapai tingkatan kualitas yang tepat dengan cara yang konsisten
dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Sebagai
sebuah pendekatan, TQM mencari sebuah peningkatan dan
perubahan permanen dalam tujuan sebuah organisasi/lembaga, dari
tujuan kelayakan jangka pendek menuju tujuan perbaikan mutu
jangka panjang. Total Quality Management (TQM) adalah suatu
makna dan standar mutu dalam pendidikan. maka perlu diingat
bahwa dalam manajemen mutu terpadu dalam pendidikan harus
menempatkan pelanggan dan produk sebagai perhatian utama. Oleh
karena itu perlunya pengembangan kurikulum secara terus menerus
berdasarkan kebutuhan masyarakat yang selalu berkembang.
Dimana pelanggan utama pendidikan adalah peserta didik yang
menerima pelayanan pendidikan dan latihan, sedangkan produknya
adalah peluang pembelajaran yang harus tercapai keperluan yang
elemennya adalah kurikulum dan sumber daya pembelajaran.
Kata Kunci: Mutu, pendidikan, dan Total Quality Management


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v7i1.243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats