VARIASI INDIVIDUAL DALAM PEMBELAJARAN

Sitti Aisyah Mu'min

Abstract


Variasi individual merupakan salah satu aspek yang harus
diperhatikan dalam proses pembelajaran. Variasi tersebut antara lain
gaya belajar dan berpikir, inteligensi dan kepribadian. Gaya bukan
kemampuan tetapi cara yang disukai seseorang untuk memanfaatkan
kemampuannya. Masing-masing individu memiliki sejumlah gaya
belajar dan berpikir. Gaya impulsive/reflektif yang disebut juga tempo
konseptual merupakan dikotomi perbedaan antara tendensi untuk
bertindak cepat dan impulsive dengan tendensi untuk menggunakan
lebih banyak waktu untuk merespons atau memikirkan (reflect)
akurasi dari suatu jawaban. Adapun gaya mendalam/dangkal adalah
sejauh mana murid menjalani proses belajar dengan satu cara yang
membantu mereka memahami makna materi (gaya mendalam) atau
sekadar mempelajari apa-apa yang perlu dipelajari (gaya dangkal).
Inteligensi merupakan keahlian memecahkan masalah dan
kemampuan untuk beradaptasi pada, dan belajar dari, pengalaman
hidup sehari-hari. Menurut teori triarkis Stenberg, inteligensi muncul
dalam bentuk analitis, kreatif dan praktis. Sedangkan Gardner
mengemukakan delapan tipe inteligensi yaitu: inteligensi verbal,
matematika, spasial, tubuh-kinestetik, music, intrapersonal,
interpersonal, dan naturalis.
Variasi ketiga yang dibahas dalam tulisan ini adalah
kepribadian yang didefinisikan sebagai pemikiran, emosi dan perilaku
yang khas yang menjadi cirri dari cara individu untuk beradaptasi
dengan dunianya. Para psikolog mengidentifikasi lima besar atau the
big five factor kepribadian , yaitu stabilitas emosional, ekstraversi,
keterbukaan terhadap pengalaman, agreeableness dan
conscientiousness. Hal lain yang juga berkaitan dengan kepribadian
adalah temperamen yang diartikan sebagai gaya perilaku seseorang
dan cara merespons yang khas. Psikolog mengidentifikasi tiga gaya
temperamen dasar, yakni: easy, difficult dan slow-to-warm-up.
Berdasarkan pengetahuan tentang variasi individual
tersebut, membantu guru dalam menentukan strategi dan gaya
mengajar yang tepat di kelas.
Kata Kunci: Individu, Pembelajaran, dan Variasi Individual.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v7i1.244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats