PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK

St. Hasniyati Gani Ali

Abstract


Prinsip-prinsip pembelajaran merupakam aspek kejiwaan yang
perlu dipahami setiap pendidik selaku tenaga profesional yang memikul
tanggung jawab besar dalam mencerdaskan anak bangsa.
Permasalahannya adalah bagaimana implikasi prinsip pembelajaran
terhadap pendidik dan peserta didik. Permasalahan tersebut dikaji
dengan menggunakan metode library research selanjutnya penarikan
kesimpulan secara induktif dan deduktif.
Prinsip-prinsip pembelajaran secara umum meliputi perhatian
dan motivasi keaktifan, keterlibatan langsung, pengulangan, tantangan,
perbedaan individu kesemuanya ini dapat berimplikasi terhadap
pelaksanaan proses pembelajaran. Implikasi terhadap pendidik dan
peserta didik yang berhubungan dengan perhatian dan motivasi adalah
tampak penguasaan bahan ajar dan penampilan yang menyenangkan.
Bagi peserta didik sadar akan perlunya pengembangan secara rutin.
Untuk keaktifan, implikasinya bagi pendidik adalah mengaktifkan
mereka dengan memberi tugas, sedangkan bagi peserta didik adalah
terwujudnya perilaku mencari sendiri sumber informasi yang
dibutuhkan. Keterlibatan langsung, perilaku yang dapat terwujud adalah
peserta didik dapat mengerjakan sendiri tugas-tugas yang diberikan
sehingga dapat memperoleh pengalaman, bagi pendidik perlu
merancang aktivitas pembelajaran individual dan kelompok kecil.
Pengulangan, implikasinya terhadap pendidik, merancang kegiatan
pengulangan yang variatif. Bagi peserta didik adalah terwujudnya
kesadaran untuk mengerjakan latihan secara berulang untuk
memecahkan masalah. Tantangan, implikasinya bagi pendidik
mengolah kegiatan eksperimen sehingga peserta didik terdorong untuk
mengerjakan eksperimen, berusaha untuk memecahkan masalah sendiri
yang sifatnya menantang. Perbedaan individu, implikasinya bagi
pendidik adalah pemilihan metode, media dengan memperhatikan
karakteristik peserta didik. Sedangkan bagi peserta didik implikasinya
dapat dilihat dari kegiatannya dalam menentukan tempat duduk,
menyusun jadwal belajar.
Kata Kunci: Prinsip pembelajaran, implikasi, pendidik dan
peserta didik.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats