OPTIMALISASI PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN UNTUK MENCERDASKAN BANGSA

Marlina Gazali

Abstract


Lembaga pendidkan adalah suatu wadah untuk membina
manusia, membawa ke arah masa depan yang lebih baik. Setiap
orang yang berada pada wadah tersebut akan mengalami perubahan
dan perkembangan menurut warna dan corak institusi tersebut.
Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah lembaga
keluarga, sekolah dan masyarakat yang memiliki peranan sangat
strategis yang akan menjadi pusat-pusat kegiatan pendidikan untuk
menumbuhkan dan mengembangkan potensi anak sebagai makhluk
individu, sosial, susila dan religius. Dengan memperhatikan bahwa
anak adalah individu yang berkembang, ia membutuhkan
pertolongan dari orang yang telah dewasa, anak harus dapat
berkembang secara bebas, tetapi terarah. Pendidikan harus dapat
memberikan motivasi dalam mengaktifkan anak.
Anak adalah pemilik hak yang wajib dihormati oleh
pemangku kewajiban, yaitu orang tua, guru, dan orang dewasa
lainnya, serta institusi masyarakat bangsa dan negara. Hak anak
merupakan keniscayaan agar anak dapat tumbuh dan berkembang
secara humanis sejalan dengan perkembangan kejiwaannya.
Dengan mengoptimalkan peran ketiga lembaga pendidikan
tersebut dapat dipastikan akan melahirkan anak bangsa yang
cerdas. Selanjutnya hanya dari individu yang cerdas akan lahir
bangsa yang cerdas yang mampu memecahkan masalahnya sendiri,
dengan solusi yang cerdas dan mumpuni.
Sehingga impian untuk mencerdaskan bangsa sebagaimana
amanah Undang-Undang Dasar 1945 bisa terwujud manakala
ketiga lembaga pendidikan menjalankan perannya secara optimal,
karena masing-masing lembaga pendidikan tersebut, mempunyai
kaitan tanggung jawab yang terpadu dalam rangka pencapaian
tujuan pendidikan nasional.
Kata Kunci: Optimalisasi, lembaga pendidikan, dan mencrdaskan
bangsa.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats