URGENSI PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK

Hadi Machmud

Abstract


Pendidikan moral pada masa modern merupakan tanggapan dan reaksi
atas model pendidikan yang berkembang sejak abad pertengahan. Pendidikan
moral yang menekankan dimensi etis-spiritual dalam proses pembentukan
pribadi merupakan reaksi atas keterbatasan pedagogi natural. Lahirnya
pendidikan moral atau karakter sebagai sebuah usaha untuk menghidupkan
kembali pedagogi ideal-spiritual yang sempat hilang diterjang gelombang
positivisme. Tujuan pendidikan moral adalah untuk pembentukan karakter
yang terwujud dalam kesatuan esensial antara si subjek dengan perilaku dan
sikap hidup yang dimilikinya.
Pendidikan moral percaya adanya keberadaan moral absolute dan
bahwa moral absolute itu perlu diajarkan kepada generasi muda agar mereka
paham betul mana yang baik dan benar. Substansi dari pendidikan moral
adalah membentuk kepribadian yang paripurna bagi setiap anak. Prilaku
yang diharapkan akan lahir adalah; berbuat jujur, menolong orang,
menghormati, bertanggungjawab, menghargai, menyayangi saling menerima,
empati, simpati dan menerima apa adanya. Pendidikan moral mempunyai
makna lebih tinggi, karena bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan
mana yang salah, lebih dari itu pendidikan moral dan karakter menanamkan
kebiasaan (habituation) tentang hal yang baik sehingga anak menjadi paham
(domein kognitif) tentang mana yang baik dan salah, mampu merasakan
(domein afektif) nilai yang baik dan mau melakukannya (domein
psikomotor). Seperti kata Aristotle, karakter itu erat kaitannya dengan
“habit” atau kebiasaan yang terus menerus dipraktekkan dan dilakukan.
Dalam pendidikan moral menenekankan pentingya pembentukan
kepribadian dengan tiga komponen karakter yang baik (components of good
character) yaitu moral knowing atau pengetahuan tentang moral, moral
feeling atau perasaan tentang moral dan moral action atau perbuatan
bermoral.
Kata kunci : Pendidikan moral, pembentukan kepribadian, dan
kepribadian anak.

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v7i2.318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats