Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan pada Madrasah Aliyah dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa

Sitti Fatimah Kadir, Imaludin Agus, Moh. Yahya Obaid, Chandra Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk manajemen pengelolaan lembaga pendidikan di salah satu madrasah aliyah di Kota Kendari dalam meningkatkan kompetensi siswa. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bentuk perencanaan yang dilaksanakan sekolah ini dalam meningkatkan kompetensi siswa  dengan melibatkan seluruh stakeholde mulai dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan. Bentuk perencanaan tersebut disusun dalam 3 program utama yaitu kurikuler, ekstrakulikuler, dan bording school. Bentuk pengorganisasian di sekolah ini melalui penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui berbagai kegiatan workshop, pelatihan, dan lain-lain, serta pemberian peluang kepada siswa untuk mengikuti berbagai kegiatan baik akademik dan non-akademik. Peningkatan kompetensi siswa dilakukan secara disiplin dan konsisten melalui 3 program utama, yaitu pembelajaran formal (kurikuler), kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan keasramaan. Pengawasan dilaksanakan secara kontinu oleh kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan penanggungjaawab kegiatan sebagai tim kontrol. Selain itu, reward dan punishman juga diberlakukan.

Full Text:

PDF

References


Arif, M. (2013). Manajemen Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.415-438

Basihannor, B. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.18592/moe.v7i2.5429

Fauzan Wakila, Y. (2021). Konsep dan Fungsi Manajemen Pendidikan. Equivalent : Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 3(1), 49–62. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Firdaus, F. (2020). Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882

Hamidy, A., & Jailani, J. (2019). Kemampuan proses matematis siswa Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133–149. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26679

Harahap, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 6(2), 111–126. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v6i2.2089

Hartini. (2020). Human Resources Oriented: Kerangka Strategis Pengembangan MAN Insan Cendekia Kendari. Ejournal.Iainkendari, 26(2), 250–271.

Hopson, M. H., Simms, R. L., & Knezek, G. A. (2001). Using a technology-enriched environment to improve higher-order thinking skills. Journal of Research on Technology in Education. https://doi.org/10.1080/15391523.2001.10782338

I. Suryatini, E. Mulyasa, S. Yusuf, Y. I. (2019). Manajemen Mutu Pembelajaran PAI. Kajian Manajemen Pendidikan.

Indraswati, D., & Sutisna, D. (2020). Implementasi Manajemen Mutu di SDN Prambon. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p10-21

Jihad, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Katni, & Rois, A. K. (2016). Pengelolaan Madrasah dalam Perspektif Manajemen Mutu Terpadu (Studi di MI Plus Al Islam Dagangan Madiun). Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman. https://doi.org/10.24269/muaddib.v5i2.64

Malawi, I. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Rangka Mewujudkan Guru yang Profesional. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.25273/pe.v1i01.31

Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.490

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (2012). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia_UI Press.

Miri, B., David, B. C., & Uri, Z. (2007). Purposely teaching for the promotion of higher-order thinking skills: A case of critical thinking. Research in Science Education. https://doi.org/10.1007/s11165-006-9029-2

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Muspawi, M. (2018). Implementasi Supervisi Keuangan Pada MAN Insan Cendekia Provinsi Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.22437/jssh.v2i1.5277

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie (School Management In Improving The Quality of Education In SDN Dayah Guci, Pidie District). Jurnal Administrasi Pendidikan.

Pradnyani, Rahmawati, & Dkk. (2020). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis.

Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332

Ramaliya. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman.

Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6276

Saefullah, M. U., Haedari, A., & Qolbi, L. (2019). Model Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Pelayanan Pendidikan. Eduprof : Islamic Education Journal, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i2.19

Sihotang, H., Limbong, M., Simbolon, B. R., & Silalahi, M. (2019). Jurnal Comunita Servizio Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengimlementasikan Kurikulum Jurnal Comunita Servizio, 1(1), 223–234.

Sofiati, E. (2021). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai. Ekono Insentif, 15(1), 44–56. https://doi.org/10.36787/jei.v15i1.502

Sukarno, M. (2017). Mengembangkan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Untuk Menjawab Tantangan Modernisasi, Demokratisasi dan Globalisasi (Developing Insan …. Jurnal Kependudukan Indonesia.

Sultra, K. (n.d.). Rapat koordinasi dan evaluasi ujian nasional tahun ajaran 2018/2019 di Aula Kanwil Kemenag Sultra. Retrieved from https://sultra.kemenag.go.id/berita/read/508179/man-ic-kendari-torehkan-hasil-terbaik-pada-unbk-2019

Tahir, A. W. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam Peningkatan Mutu. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i9

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018. Paper of Matematohir.

Wilasih, M., & Kisworini, S. U. (2020). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 33. https://doi.org/10.30738/wa.v4i1.7617

Yahdiyani, N. R., Muna, A. R., Nurjanah, S., & Wahyuni, S. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. Journal of Education, Psychology and Counselling.

Zainuddin, M. (2021). Rekonstruksi Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Pendidikan Nasional. JPeHI: Jurnal Penelitian Hukum Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv16i1.3551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sitti Fatimah Kadir, Imaludin Agus, Chandra Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats