Analisis Kebutuhan Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik

Raehang Raehang

Abstract


Penelitian ini mengkaji implementasi pembelajaran tematik oleh mahasiswa PGMI di madrasah ibtidayah negeri di Kota Kendari, dengan fokus pada dua aspek, yaitu bagaimana pembelajaran ini dilaksanakan, dan kebutuhan mereka terkait materi dan metode pembelajaran tematik. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi dan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa proses pembelajaran tematik di madrasah ibtidayah negeri telah sesuai standar, meliputi pemetaan tema, penyusunan silabus, RPP, dan evaluasi. Kebutuhan mahasiswa meliputi perencanaan pembelajaran, penyusunan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, buku ajar), dan metode pengajaran seperti ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung, serta aspek penilaian tertulis dan praktik. 

Full Text:

PDF

References


Afrianto, I. (2011). Collaborative learning system: Sebuah alternatif konten C-Generation dan Flagship Detiknas. Jurnal Majalah Ilmiah Unikom, 8(1), 69-76.

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Bandung: Imtima.

Alimuddin. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Karakter, 3 Mei 2014.

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. W. (2010). Research design (Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahnilsyah. (2011). Analisis kebutuhan dan minat mahasiswa pada mata kuliah keterampilan berbicara di Program Studi Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Riau. Jurnal Bahasa, 6(1).

Departemen Pendidikan Nasional. (1996). Pembelajaran terpadu D-II PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Pedoman memilih dan menyusun bahan ajar. Jakarta.

Faisal, S. (2001). Metodologi penelitian sosial. Jakarta: Erlangga.

Ghony, D. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gularso, D. (2010). Pemetaan kemampuan guru sekolah dasar kelas I, II dan III dalam pembelajaran menggunakan pendekatan tematik di Kecamatan Kasihan, Kabupaten, Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Simbiosis, 7(1).

Lubis, Y. A. (2019). Kemampuan guru dalam mengadakan variasi belajar pada pembelajaran tematik. Disertasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Malyana, A. (2008). Teknik pembelajaran tematik dengan metode edutainment untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I di sekolah dasar. Jurnal Nuansa Pendidikan, 6(1), 27-34.

Masaong. (2011). Manajemen berbasis sekolah. Malang: Sentra Media.

Muhaimin, dkk. (2009). Pengembangan model KTSP pada sekolah dan madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Munir, A. dkk. (2005). Pedoman pelaksanaan pembelajaran tematik. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Murdi, W. dkk. (2010). Keterampilan dasar mengajar. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Nation. (2010). Language curriculum design. London: Routledge.

Poerwati, L. E., & Amri, S. (2013). Panduan memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran terpadu (Konsep, strategi dan implementasinya dalam KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Salimudin. (2010). Supervisi klinis, alternatif meningkatkan kemampuan guru kelas 3 dalam pembelajaran tematik. Prosiding Seminar dan Lokakarya Nasional: Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi, hal. 108-124.

Sugiono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M., & Permana, J. (1999). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Sungkono. (2012). Pembelajaran Ttematik dan implementasinya di sekolah dasar. Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(1), 51-58.

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progesif. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2012). Model pembelajaran terpadu konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Dasar (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv16i2.3618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Raehang Raehang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats