PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI
Abstract
Pengembangan kurikulum pendidikan tinggi merupakan
formulasi konsep-konsep dasar sebagai landasan atau pijakan
yang menjelaskan secara mendalam dan komprehensip aspek
filosofis, sosiologis, psikologis, rasio-empirik, dan yuridis, serta
dilengkapi sistem pengelolaan kurikulum pendidikan tinggi.
Dalam pengembangan kurikulum pendidikan tinggi ada dua hal
yang menjadi perhatian, yaitu; (1) kerangka dasar kurikulum;
hal ini merupakan landasan pemikiran yang diolah secara ilmiah
atau disebut sebagai naskah akademik. Kerangka dasar tersebut
juga merupakan pijakan pengembangan kurikulum pendidikan
tinggi yang meliputi aspek filosofis, sosiologis, psikologis, dan
yuridis serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,;
(2) Struktur kurikulum pendidikan tinggi; hal ini merupakan
sistem pengorganisasian kurikulum yang meliputi: rumusan
capaian pembelajaran pendidikan tinggi, pengorganisasian
bahan kajian, dan beban belajar pada pendidikan tinggi.
Kata Kunci : Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Tinggi
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i1.391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Al-Ta'dib
Indexing: |