PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GAGAINCOM GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII.2 SMPN 17 KENDARI
Abstract
Ruang lingkup penelitian menitikberatkan pada permasalahan “
Apakah penerapan metode pembelajaran gagaincom group melalui
penggunaan media gelas dan patung amungin dapat meningkatkan
aktifitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas VII.2 SMPN 17
Kendari ?”. Gagaincom group merupakan motode pembelajaran yang
bersifat kooperatif yang terdiri gallery, game investigation dan
compotition group. Media pembelajaran yang digunakan terdiri dari
gelas (galeri kelas), patung (papan berkantung) dan amungin (amplop
tabungan poin). Kesimpulan penelitian ini yakni pembelajaran dengan
menggunakan metode gagaincom group melalui media gelas dan
patung amungin telah dapat mengefektifkan pembelajaran baik
melalui aktifitas guru maupun siswa sehingga dapat meningkatkan
hasil belajar siswa yang melampaui indikator keberhasilan yang
mencapai rata-rata klasikal pada siklus kedua pertemuan dua sebesar
84,29 dengan persentase ketuntasan 94,29%.
Kata kunci : Gagaincom Group, Kooperatif dan Hasil Belajar
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i1.393
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Al-Ta'dib
Indexing: |