STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF UNTUK INVESTASI PENDIDIKAN MASA DEPAN
Abstract
Aspek afektif merupakan salah satu diantara tiga aspek yang sangat penting
dalam pembelajaran. Aspek afektif merupakan aspek sikap yang tertanam
dalam diri peserta didik. Sikap tidak dapat dipisahkan dengan nilai (value).
Setiap sikap, pasti akan bernilai. Salah satu contoh peserta didik yang rajin,
sopan, disiplin, tutur katanya yang santun, selalu mendengarkan ketika
pelajaran berlangsung, ketika ditanya peserta didik menjawab dengan benar
dan lancar, pasti mendapatkan nilai yang tinggi. Demikian sebaliknya.
Penanaman sikap pada peserta didik bukan hal mudah, harus dilakukan
secara terstruktur melalui strategi yang cocok untuk tujuan afektif. Stategi
pembelajaran afektif adalah strategi yang berorientasi pada pencapaian
tujuan sikap dan keterampilan efaktif. Strategi ini pada umumnya
menghadapkan peserta didik pada situasi yang problematik, sehingga
diperlukan keterampilan khusus untuk menyelesaikan masalah tersebut
sesuai dengan tingkat kemampuan masin-masing. Model konsederasi yang
dikembangkan oleh Paul merupakan alternative strategi pembelajaran yang
dapat membentuk kepribadian peserta didik. Salah satu implementasinya
yakni mengajak peserta didik untuk memandang permasalahan dari berbagai
sudut pandang untuk menambah wawasan mereka serta sikap tertentu sesuai
nilai yang dimilikinya.
Kata Kunci : strategi, pembelajaran, pendidikan, masa depan
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Al-Ta'dib
Indexing: |