PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA

Ety Nur Inah

Abstract


Manusia sebagai makhluk sosial dan hidup berkelompok dalam kehidupan
sehari-hari, tentu tidak luput dari interaksi atau komunikasi. Komunikasi
adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan atau
audiens baik itu dalam bentuk simbol, lambang dengan harapan bisa
membawa atau memahamkan pesan itu kepada peserta didik (siswa) jika di
kelas atau pada masyarakat serta berusaha mengubah sikap dan tingkah
laku. Dalam dunia pendidikan proses pembelajaran akan efektif, jika
komunikasi dan interaksi antara guru dengan siswa terjadi secara intensif.
Dalam pembelajaran di dalam kelas, proses komunikasi akan berlangsung
baik antara guru ke siswa dalam hal ini, peserta didik atau sebaliknya antara
peserta didik dengan guru atau pendidik di mana materi pembelajaran
merupakan pesan dalam proses komunikas pembelajaran yang sering
dipandang sebagai jantung atau inti kegiatan pembelajaran. Dalam
komunikasi pembelajaran inilah terjadi Intraksi edukatif yang berlangsung
dalam bentuk pertukaran pesan yang tidak lain adalah materi pembelajaran.
Dalam konteks komunikasi pembelajaran Guru ditempatkan dalam posisi
sebagai komunikator oleh karena tugas dan peran guru sebagai pemimpin
pembelajaran memposisikan menjadi komunikator sedangkan siswa
ditempat sebagai komunikan atau peserta didik. Guru harus mampu
menguasai pola interaksi dan teknik komunikasi yang baik dalam proses
pembelajaran. Interaksi dalam pembelajaran lebih dikenal dengan istilah
interaksi edukatif. Interaksi edukatif secara spesifik merupakan proses atau
interaksi belajar mengajar memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan
dengan bentuk interaksi lain. Ciri-ciri Interaksi Belajar Mengajar tersebut
yaitu interaksi belajar-mengajar memiliki tujuan, ada suatu Prosedur
(jalannya inetraksi) yang terencana, interaksi belajar mengajar di tandai
dengan suatu penggarapan materi yang khusus, ditandai dengan adanya
aktivitas siswa, dalam interaksi belajar mengajar guru berperan sebagai
pembimbing, di dalam interaksi belajar mengajar membutuhkan disiplin,
dan ada batas waktu.
Kata Kunci : Komunikasi, Interaksi , Guru dan Siswa


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats