Pengembangan Media Video Pembelajaran Biologi Sebagai Alternatif Peningkatan Kompetensi Dasar Siswa Saat Pandemi Covid-19

Syarif Rizalia, Susilawati Susilawati, Widi Cahya Adi, Parlin Parlin

Abstract


The objectives of this development research are to produce video media for learning biology material for Covid-19 and synthesize the results of the validation of the Covid-19 biology learning video media as an alternative to increase students' basic competencies. The subject of this research is the biology teachers of class X at Kota Kendari. The results of the research shows that learning video media production went through seven stages, i.e., 1) analysis of potential and problems related to infrastructure at the research location; 2) data collection of scientific articles and modules; 3) product design; 4) validation of material designs by experts; 5) design improvements with consideration of advice from experts; 6) media product trial by teachers; and, 7) revision of media products with consideration from the teachers. The results of the validation of the learning video media are categorized as feasible. Therefore, the learning video media was potential to be developed as alternative media to foster the students’ basic competence of viral material.

Keywords: Alternative media; basic competence; biology; Covid-19; learning video media.

 

Full Text:

PDF

References


Alfianti, A., Taufik, M., & Hakim, Z. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis video animasi pada tema indahnya keragaman di negeriku. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 1-12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan kesantunan bahasa anak usia dini melalui media pembelajaran interaktif budaya Jawa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150-157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Ardiansyah, L., & Dardiri, A. (2018). Manajemen budaya sekolah berbasis pesantren di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 6(1), 50-58.

Azizi, M., & Prasetyo, S. (2018). Kontribusi pengembangan media komik IPA bermuatan karakter pada materi sumber daya alam untuk siswa MI/SD. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.25

Chaer, M. A., & Palennari, M. (2021). Profil hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA pada materi virus menggunakan model flipped classroom. Biology Teaching and Learning, 4(1), 8-18.

Darnawati, D., Irawaty, I., & Uke, W. A. S. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Kinemaster dan Screencast O Matic. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 100-105. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.7204

Embun, S., & Astuti, M. (2015). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bumi dan cuaca di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 1(1), 80-106.

Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. R. (Eds.). (2020). Minda guru Indonesia: Pandemi corona, disrupsi pendidikan, dan kreativitas guru (Vol. 153). Syiah Kuala University Press.

Fitri, H., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan E-Modul menggunakan 3D pageflip professional pada materi momentum dan impuls SMA/MA kelas XI. EduFisika, 4(01), 46-58. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.4029

Gazali, Z., & Nahdatain, H. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis video pada materi biologi sel untuk siswa SMA/MA kelas XI IPA. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 236–238. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i5.867

Giana, G. J., & Lutfi, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial mata pelajaran dasar desain grafis pada kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Sakra. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 20-29. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i1.1390

Hafizh, M. A. (2017). Pengembangan video pembelajaran berbantu Camtasia studio pada materi perkembangan teknologi kelas IV SD. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 7(1), 141–154. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6411

Hamid, A. M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Ispring dan APK Builder untuk pembelajaran matematika kelas X materi proyeksi vektor. MATHLINE Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12-25. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126

Hidayati, S.Si., M.S, S., Indarjan, D., Nunjhani, D. M., Sri Sayekti, D. N., & M.Biomed. (2014). Pedoman guru mata pelajaran biologi untuk sekolah menengah atas (SMA)/ madrasah aliyah (MA) (R. Mohandas, H. Widyastono, & M. Purba (eds.)). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Irawan, A., Sihkabuden, & Sulthoni. (2017). Pengembangan media video pembelajaran biologi pembuatan tempe dan yoghurt. JINOTEP, 3(2), 105–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p105

Kemenkes, R. I. (2020). Buletin SDM kesehatan. Edisi April 2020.

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 2(1), 158-166.

Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Ae Media Grafika.

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang sifat dan perubahan wujud benda kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Lestari, I. D. (2018). Peranan guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis information and communication technology (ICT) di SDN RRI cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2).

Maulida. (2020). Teknik pengumpulan data dalam metodologi penelitian. Darussalam, 21.

Meita, N. M., & Herowati, H. (2020). Pendampingan gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal ABDIRAJA, 3(1). https://doi.org/10.24929/adr.v3i1.785

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1). https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194

Rachmawati, T. (2017). Metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. UNPAR Press, 1.

Riyana, C. (2012). Media pembelajaran. KEMENAG RI.

Sari, S. L., Widyanto, A., & Kamal, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi dalam smartphone pada materi sistem kekebalan tubuh manusia untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biotik, 4(1).

Setiawan, A., Astuti, I. F., & Kridalaksana, A. H. (2016). Klasifikasi dan pencarian buku referensi akademik menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) (Studi kasus: Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Timur). Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1). https://doi.org/10.30872/jim.v10i1.17

Shobah, H. N., & Susarno, L. H. (2018). Pengembangan media video animasi pembelajaran untuk mata pelajaran IPA kelas VIII MTs. Miftahul Ulum Jarak Kulon Jogoroto Kabupaten Jombang. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/24381/22308

Silaban, E., Napitupulu, E., & Situmorang, J. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berbasis pendekatan scientific pada pelajaran biologi SMA. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12517

Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran sebagai media pembelajaran daring di SD Negeri Sojopuro dalam masa Covid-19. Journal of Education Learning and Innovation (ELIa), 1(1). https://doi.org/10.46229/elia.v1i1.237

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Umniyyah, N., & Hidayat, R. (2021). Pengembangan media berbasis audio melalui podcast spotify untuk menunjang pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.17977/um066v1i12021p34-39

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan video tutorial dalam pembelajaran sistem pengapian di SMK. Taman Vokasi, 6(1). https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839

Wijayanti, D. A., Makmuri, M., & Indrawati, M. (2021). Pengembangan video pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.631




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv15i2.4242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syarif Rizalia, Widi Cahya Adi, Parlin Parlin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats