Pemanfaatan Media Gambar Animasi berbasis PowerPoint untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Muhammad Ilham, Ragil Desinatalia

Abstract


This classroom action research aims to examine the portraits of early reading learning, the application of early reading learning by using PowerPoint animation media, and the use of this media in improving students' early reading skills at one of elementary school at Wawonii Tenggara, Southeast Sulawesi. The results of qualitative analysis showed that the form of learning to early reading at the school was conducted in a simple way i.e. by writing letters of the alphabet on the blackboard and pronouncing the letters aloud together. The activities of teachers and students in learning have shown a good increase from cycle to cycle. Teachers find it easier to manage classes, direct students, and focus students on learning, meanwhile students seem more confident to ask questions and make presentations in front of the class. The use of PowerPoint animated image media has been proven to be able to help students improve their beginning reading skills.

Keywords: Beginning reading; powerpoint animation media; elementary school


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Semarang: Unissula Press.

Agustiana, L., & Rusmana, I. M. (2018). Pemanfaatan microsoft Powerpoint sebagai alternatif media. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.

Aprilia, U. I., Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227-233.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.

Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran Powerpoint interaktif pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76-83.

Djuita, K. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 05 Wanggarasi Tahun 2014/2015 melalui media gambar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(2), 93-102.

Hadiana, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca kalimat sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212-242. doi: 10.36989/didaktik.v4i2.73.

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296-3307.

Hermin, K., & Hilda. (2016). Penerapan pembelajaran tematik sekolah dasar di Indonesia. Jakarta: Unika Atmajaya.

Ilham, M., Masdin, Hardiyanti, W. E., & Desinatalia, R. (2022). Keterampilan bertanya dan memberi penguatan guru dalam pembelajaran daring di tingkat sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 51-68. doi: 10.24252/auladuna.v9i1a5.2022.

Maharani, A., Rini, R., & Sugiman. (2018). Pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar matematika peserta didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(17), 1-13.

Mayangsari, D. (2014). Peningkatan kemampuan membaca permulaan kelas 1 SD Mardi Putera Surabaya dengan menggunakan Pakem (Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 1(1), 62-69.

Moestafa, A. H. (2015). Model pembelajaran generatif melalui media animasi berbasis flash dan video ditinjau dari keterampilan generik dan keingintahuan. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 23-27. doi: 10.20961/bioedukasi-uns.v8i1.3184.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462-1470.

Oktadiana, B. (2019). Analisis kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 143-164.

Piaget, J. (1966). The psychology of intelligence and education. Childhood Education, 42(9), 528-528. doi: 10.1080/00094056.1966.10727991.

Pratama, Y. A. (2019). Relevansi teori belajar behaviorisme terhadap pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 38-49 doi: 10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718.

Rumidjan, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62-68. doi: 10.17977/um009v26i12017p062.

Satriani. (2018). Inovasi pendidikan: Metode pembelajaran monoton ke pembelajaran variatif (metode ceramah plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1), 47-54 doi: 10.30984/jii.v10i1.590.

Siswati, E. (2021). Peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata tema, lingkungan bersih, sehat, dan asri pada siswa kelas 1 UPT SD Negeri 04 Baringin. Ensiklopedia Education Review, 3(1), 46-56.

Sudjono, A. (2003). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supardi. (2006). Metodologi penelitian. Mataram: Yayasan Cerdas Press.

Ulfaida, U., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran online terhadap hasil belajar melalui minat belajar siswa pada kelas X OTKP di SMKN1 Lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25-31.

Wahyulestari, M. R. D. (2018). Keterampilan dasar mengajar di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 199-210.

Widoyoko, E. (2014). Penilaian hasil pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyati. (2018). Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 88-95. doi: 10.33578/jpfkip.v7i1.5357.

Zainidar. (2021). Peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 dengan menggunakan permainan kartu huruf bergambar pada pelajaran bahasa Indonesia di MIN Kota Jambi. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120-4126. doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1347.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv15i2.5350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Ilham, Ragil Desinatalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats