Kurikulum Pendidikan Al Quran di Pondok Pesantren Al Husain

Arif Faisal Fathin, Sitti Fatimah Kadir, Ahmad Arifi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk membahas kurikulum pendidikan Al-Quran di pondok pesantren (PP) Al-Husain. Artikel ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif penelitian lapangan dan dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data pada artikel ini menggunakan wawancara semitersetruktur dan observasi nonpartisipatif. Hasil penelitian menunjukkan alasan pendidikan Al-Quran menjadi kurikulum utama di PP Al Husain dipengaruhi oleh pendirinya. PP Al Husain dikembangkan dengan penuh kesadaran bahwa Al-Quran merupakan sumber utama pada ranah pengetahuan, kesadaran religious, aspek perbaikan moral dan spiritual. Kurikulum pendidikan Al-Quran yang ditawarkan di PP Al Husain, mencakup 4 (empat) program, yaitu metode Yanbu’a sebagai proses mengenal huruf hijaiyah dan magorijulhuruf, Juz ‘Amma Bil Hifdzi sebagai  program santri agar terbiasa dalam menghafal dan membaca ayat Al-Quran dengan baik dan benar, Al Quran Bin Nadzri sebagai program membaca Al Quran 30 juz agar santri memiliki kualitas membaca Al-Quran dengan baik sehingga santri siap dalam menempuh program berikutnya, dan) Al Quran Bil Hifdzi yaitu program hafalan Al-Quran 30 Juz guna melahirkan generasi penghafal Al-Quran yang selalu melestarikan ajaran Islam, terlebih dengan ikhtiar dalam rangka mencapai rido Allah SWT.

Kata Kunci: Kurikulum; Pondok Pesantren; Pendidikan Al-Quran


Full Text:

PDF

References


Yusuf. A. M,. (2014). Metode penelitian:kuantitatif, kualitatif,dan peneiltian gabungan. kencana.

Abi Agito dan Johan Setiawan. (2014). Metode penelitian kualitatif. CV Jejak.

Ahmad, T. (2012). Ilmu pendidikan Islami (Cetakan 1). Remaja Rosdakarya.

Akbar, A., & Hidayatullah, H. (2016). Metode tahfidz Al-Qur’an di pondok pesantren kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin, 24(1), 91. https://doi.org/10.24014/jush.v24i1.1517

Alfatih Suryadilaga. (2018). Pengantar studi Al-Quran dan Al-Hadis (1st ed.). Kalimedia.

Andi Prastowo. (2013). Metode penelitian kualitatif dalam prespektif rancangan penelitian. Ar-Ruzz Media.

Anwar, C. (2022). Metode Sorogan dalam pembelajaran membaca al-qur’an di pondok pesantren. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 1(2), 134–147. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v1i2.36

Arifin, Z. (2018). Manajemen pengembangan kurikulum pendidikan Islam teori dan praktik (p. 198).

Choliyah, S. A., & Mas’ud, M. (2015). Peningkatan prestasi belajar membaca Al-Qur’an dengan metode yanbu’a. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 5(2), 147. https://doi.org/10.18326/mdr.v7i2.752

Fatimah, R. (2019). Pelaksanaan program tahfizh Al-Qur’an tiga tahun 30 juz di SMP Al-Ittiba Kwarasan Juwiring Klaten tahun pelajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Helaluddin. (2018). Pendekatan fenomenologi : penelitian kualitatif. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Husna, A., Hasanah, R., & Nugroho, P. (2021). Efektivitas program tahfidz Al-Quran dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 47–54. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.10689

Iskandar, E., & Zubaidah, S. (2012). Sejarah pendidikan Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Jasa Ungguh Muliawan. (2014). Metodelogi penelitian pendidikan dengan studi kasus. Gava Media.

Junaidi, K. (2016). Sistem pendidikan pondok pesantren di Indonesia (Suatu Kajian Sistem Kurikulum Di Pondok Pesantren Lirboyo). ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 95–110.

Kadir, S. F. (2013). Meningkatkan mutu pendidikan melalui pemberdayaan masyarakat. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 164–175.

Keswara, I., & Wijayanti, W. (2021). Implementasi pendidikan karakter di pondok pesantren Al Husain Magelang. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 70–79. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.11

Ma`arif, M. A., & Rofiq, M. H. (2018). Pola pengembangan kurikulum pendidikan pesantren berkarakter: studi pondok pesantren Nurul Ummah Mojokerto. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635

Muhammad Ahsin, S. (2008). Bimbingan praktis menghafal Al-Qur’an. Amizah.

Muhammad, U. N. A. (2009). Thariqh baca tulis dan menghafal Al-Qur’an Yanbu’a bimbingan cara mengajar. Pondok Tahfidh Ynbu’ul Qur’an Kudus.

Mujamil, Q. (2005). Pesantren dari transformasi metodelogi menuju demokratisasi institusi. PT Glora Aksara Pertama.

Nisa, K., & Chotimah, C. (2020). Pengembangan kurikulum pondok pesantren. 6(1), 45–68.

Nur, K., & Nasution, S. (2022). Peran organisasi santri dalam mengembangkan ghirah belajar santri di pesantren. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 15(1), 13. https://doi.org/10.31332/atdbwv0i0.3638

Palufi, A. N., & Syahid, A. (2020). Metode Yanbu’a sebagai pedoman membaca Al-Qur’an. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1), 32. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.21

Prayoga, A. (2020). Karakteristik program kurikulum pondok pesantren. Jurnal AL-HIKMAH, 2(1), 77–86. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.207-

Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi asas-asas pengembangan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511

Ridwan, A. (2012). Kurikulum pendidikan pesantren dan tentangan perubahan global. Pustaka pelajar.

Rosihon Anwar, dkk. (2009). Pengantar Studi Islam: Disusun Berdasarkan Kurikulum Terbaru Perguruan Tinggi Islam, Cet. 1. CV Pustaka Setia.

Sa’dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Gema Insani.

Sugiono. (2010). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D,. Alfabeta.

Sugiono. (2015). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Cet. XXII. Alfabeta.

Sutrisno, & Muhyidin, A. (2012). Pendidikan Islam berbasis problem sosial. Ar-Ruzz Media.

Syafe’i, I. (2017). Pondok pesantren: lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097

Ulum, S. (2007). Menangkap cahaya Al-Qur’an. UIN Malang.

Zamani, Z., & Maksum, S. (2014). Metode cepat menghafal Al-Qur’an. Al-Baqarah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv15i2.5753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 arif faisal fathin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats