HUBUNGAN BELAJAR MANDIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI DI MTsN 1 KONAWE SELATAN

Ety Nur Inah, Marlina Ghazali, Edo Santoso

Abstract


Tujuan penelitian kausal ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh gaya kepemimpinan, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, dan iklim kerja terhadap prestasi kerja guru bahasa inggris SMP Kota Kendari. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei dan pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur. Sampel penelitian  guru bahasa Inggris SMP sebanyak 80 orang.  Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Ada pengaruh positif langsung gaya kepemimpinan terhadap prestasi kerja; (2) Ada pengaruh positif langsung kompetensi profesional terhadap prestasi kerja; (3) Tidak ada pengaruh positif langsung kompetensi pedagogik terhadap prestasi kerja; (4) Ada dampak positif langsung iklim kerja terhadap prestasi kerja; (5) Ada pengaruh positif langsung gaya kepemimpinan terhadap iklim kerja; (6) Ada pengaruh positif langsung kompetensi profesional terhadap iklim kerja; (7) Ada pengaruh langsung langsung kompetensi pedagogik terhadap iklim kerja. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa prestasi kerja guru bahasa Inggris SMP di Kota Kendari dapat ditingkatkan dengan meningkatkan gaya kepemimpinan, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik dan iklim kerja.

 

Kata Kunci : gaya   kepemimpian;  kompetensi   professional;  kompetensi  pedagogik; iklim kerja; dan prestasi kerja.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v10i2.622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ety Nur Inah, Marlina Ghazali, Edo Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats