Kefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Arif Faisal Fathin, Fildza Malahati, Sitti Fatimah Kadir, Ika Dyah Kumalasari

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of using puzzle learning media on PAI learning achievement in matters of faith in angels in grade IV of elementary school. The data in this study were obtained by using pretest and posttest. The collected data were analyzed using the normality test, homogeneity test, hypothesis testing, and t-test techniques. The results of this study indicate that puzzle learning media is more effective than picture media in improving PAI learning achievement. The results of the research showed that there was a significant increase in PAI learning achievement for students who carried out learning activities using puzzle media, whereas for students who carried out learning activities using picture media there was an increase but the results were not very significant.

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Implementasi kurikulum merdeka terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 73–80.

Alawiyah, W., Suryana, Y., & Pranata, O. H. (2019). Pengaruh media puzzle terhadap hasil belajar siswa tentang bangun datar di sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 118–129.

Alfurqan, A., & Susanti, M. D. (2021). Implementasi penggunaan media visual pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. An-Nuha, 1(3), 281-291.

Ali, Z. (2008). Pendidikan agama Islam. Bumi Aksara.

Anjaleka, K. (2021). Penggunaan puzzle untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 SD pada mata pelajaran PAI. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 1–23.

Astutik, L. S., Suwandayani, B. I., & Agustin, U. L. (2020). Pengaruh media puzzle terhadap hasil belajar aksara Jawa di sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 79–87. DOI: 10.22219/jp2sd.v8i1.12413

Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Referensi.

Fadhillah, N., Khoriyah, R., & Muhlishotin, M. (2022). Efektivitas model crossword puzzle untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2542–2546. DOI: 10.54371/jiip.v5i7.698

Fathin, A. F. (2020). Motivasi guru tidak tetap pendidikan agama Islam (GTT PAI) jenjang sekolah dasar negeri (SDN) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kecamatan Seyegan (Studi kasus motivasi GTT PAI SDN di Kecamatan Seyegan). Skripsi, Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Hamalik, O. (2011). Psikologi belajar & mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Harisuddin. (2019). Secuil esensi berpikir kreatif & motivasi belajar siswa. PT. Panca Terra Firma.

Hasibuan, U. R. A., Wirahayu, W., & Nasution, W. A. (2022). Evaluasi program manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 123-129.

Hiola, A., & Harun, A. K. (2022). Penggunaan media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rukun iman mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 69–81.

Huda, U. (2022). Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui media smart puzzle materi haji dan umroh SMPN 2 Sematu Jaya. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 1(1), 1435–1445.

Inayati, U. (2022). Konsep implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Abad 21 di SD/MI. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(1), 293–304. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st century skills: TVET dan tantangan Abad 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340-4348.

Jeklin, A. (2016). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, jenjang sekolah dasar, buku siswa kelas IV (Issue July).

M. Alisuf Sabri. (2010). Psikologi pendidikan. Pedoman Ilmu Jaya.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Majid, A. (2005). Pendidikan Agama Islam berbasis kompetensi: Konsep dan implementasi Kurikulum 2004. PT Remaja Rosdakarya.

Maulidah, A. N., & Aslam, A. A. (2021). Penggunaan media puzzle secara daring terhadap hasil belajar IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 281. DOI: 10.23887/mi.v26i2.37488

Muttaqin, A. I., Nasrodin, & Humairoh, S. (2021). Implementasi media pembelajaran puzzle pada mata pelajaran PAI materi Al-Khulafaur Ar-Rasyidin kelas VII SMP Darussyafa’ah, Setail-Genteng. AR-RISALAH: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, XIX.

Nata, A. (2002). Paradikma Pendidikan Agama Islam upaya mengefektifkan PAI di sekolah. Remaja Rosdakarya.

Nazarudin. (2007). Manajemen pembelajaran (Implementasi, konsep, karakteristik, dan metodologi Pendidikan Agama Islam di sekolah umum). Teras.

Neteria, F., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Puzzle sebagai media pembelajaran inovatif dalam mata pelajaran IPS bagi guru di sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4).

Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. (2019). Pengaruh media puzzle terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 1–6. DOI: 10.46772/kontekstual.v1i01.52

Permana, D., & Alfurqon. (2023). Analisis penggunaan media puzzle dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 40–52.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Cet. XXII. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Sunarti, & Rahmawati, S. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Andi Offset.

Suratiningsih. (2021). Puzzle sebagai solusi peningkatan motivasi belajar siswa. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 8(1).

Syafrin, Y., Kamal, M., Husni, A., & Bukittinggi, N. I. (2023). Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUCATIVO: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77.

Tirtarahardja, U. (2012). Pengantar pendidikan (Edisi revisi). PT Asdi Mahasatya.

Umy, K. (2022). Upaya peningkatan motivasi belajar oleh guru. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 11(1), 54–63.

Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa. Syntax Idea, 3(8), 1999-2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv16i2.6301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 arif faisal fathin, Fildza Malahati, Siti Fatimah Kadir, Ika Dyah Kumalasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats