Kemampuan Literasi Statistik Ditinjau Dari Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP

Halistin Halistin, Kasriani Kasriani, Sri Anandari Safaria, Muhammad Syarwa Sangila, Tandri Patih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi statistik ditinjau dari pengetahuan dasar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 264 siswa dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel 65 siswa dari 3 kelas. Teknik pengumpulan data melalui tes pilihan ganda untuk mengukur pengetahun dasar matematika dan tes essay untuk mengukur kemampuan literasi statistik siswa. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan pengetahuan dasar matematika tinggi mampu mencapai indikator menyajikan data dan menginterpretasikan data, siswa dengan pengetahuan dasar matematika sedang  mampu mencapai indikator menginterpretasikan data, siswa dengan pengetahuan dasar matematika rendah belum mampu mencapai semua indikator kemampuan literasi statistik.

Full Text:

PDF

References


Amalia, F., Wildani, J., & Rifa’i, M. (2020). Literasi Statistik Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 1. Https://doi.org/10.25273/Jems.V8i1.5626

Fadillah, F., & Rahman Munandar, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1157-1168.

Hariyanti, F. (2020). Statistical Literacy Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(2), 911–920.

Ilmiyah, L., Purnomo, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Linear Dua Variabel Student Mistake Analysis in Solving Probability. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105-115.

Kadir. (2010). Statistika Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: PT Rosemata Sampurna.

Karimah, N. (2017). Profil Literasi Statistik Siswa SMA Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Lee, I. (2017). Big Data: Dimensions, Evolution, Impacts, And Challenges. Business Horizons, 60(3), 293–303. Https://doi.org/10.1016/J.Bushor.2017.01.004

Lukman, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Memecahkan Masalah Literasi Matematis Pada Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 101–106.

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Materi Statistika. Journal of Meldives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 205. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.640

Maulana, M. A. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Pada Siswa SMP Al–Maksum TP 2020/2021. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(2), 96-104

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis kesalahan siswa materi bilangan pecahan berdasarkan teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713-726.

Nishfani, N. M., Kusmanto, H., & Akbar, R. O. (2017). Analisis Tingkat Kemampuan Literasi Statistik Siswa SMA Sederajat Berdasarkan Mutu Sekolah. Procedia Math, 1(1).

OECD. (2018). PISA 2018. Insights and Interpretations.OECD Publishing.

Oktiviani, F. N. (2021). Kemampuan Literasi Statistik Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Yang Dimodifikasi. Ijois: Indonesian Journal Of Islamic Studies, 2(2), 235–247.

Patih, T. (2016). Analisis Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Kendari Sebagai Gambaran Persiapan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 182–200.

Pulungan, D. A., & Herosian, M. Y. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Tingkat Literasi Statistis Siswa. SUPERMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1–12.

Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan Kemampuan Penalaran Statistik Dan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Di Kota Cimahi Melalui Pendekatan Open-Ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239. Https://doi.org/10.21831/Jrpm.V4i2.16685.

Setiawan, E. P. (2019). Analisis Muatan Literasi Statistika Dalam Buku Teks Matematika Kurikulum 2013. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 163–177. Https://doi.org/10.21831/Pg.V14i2.28558

Takaria, J., & Talakua, M. (2018). Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Kependidikan, 2(2), 395–408.

Yaqoob, I., Hashem, I. A. T., Gani, A., Mokhtar, S., Ahmed, E., Anuar, N. B., & Vasilakos, A. V. (2016). Big Data: From Beginning To Future. International Journal Of Information Management, 36(6), 1231–1247. Https://doi.org/10.1016/J.Ijinfomgt.2016.07.009

Zein, S., Yasyifa, L., Ghozi, R., Harahap, E., Badruzzaman, F., & Darmawan, D. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi Spss (Vol. 4, Issue 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv16i2.7982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Halistin Halistin, Kasriani Kasriani, Sri Anandari Safaria, Muhammad Syarwa Sangila, Tandri Patih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats