Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Profesionalisme Guru terhadap Mutu Pendidikan Pada SD Di Kota Kendari

Raehang Raehang, Rahmawati Rahmawati

Abstract


This survey research aims to determine (1) the impact of academic supervision by school inspectors on teacher professionalism, (2) the influence of academic supervision by school inspectors on the quality of education, (3) the effect of teacher professionalism on the quality of education, and (4) the combined influence of academic supervision by school inspectors and teacher professionalism on the quality of education in elementary schools in Kendari City. The study focused on a sample of 27 elementary school teachers in Kendari City. The research instrument was a questionnaire that has been validated and proven reliable. The data analysis techniques included descriptive and inferential analysis. The results of this study found that: 1) Academic supervision by school inspectors has no significant partial effect on teacher professionalism, (2) Academic supervision by school inspectors directly affects the quality of elementary education in Kendari City, (3) Teacher professionalism significantly impacts the quality of elementary education in Kendari City, and (4) academic supervision by school inspectors and teacher professionalism together influence the quality of elementary education in Kendari City by 36.1%, while the remaining 63.9% is influenced or explained by other factors not discussed in this study.

Keywords: Academic supervision of school supervisors, teacher professionalism, education quality


Full Text:

PDF

References


A.J. Hariwung. 2009. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Ali Imron. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Aris Nurbawani, 2009. Definisi Mutu. http://weblog pendidikan.blogspot.com/ 2009/08/definisi-mutu.html. akses:10/01/2015.

Baedhowi. 2006. Tantangan Peningkatan Profesionalisme Tenaga Pendidik pada Era Undang-Undang Guru dan Dosen. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaaan Nomor 059, Maret 2006. dalam Era Otonomi Daerah. Cetakan ke.2. Makasar:Aksara Madani.

Danim Sudarman. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Jakarta: Pustaka Setia.

Danim, S .2006. Visi baru Manajemen Sekolah. Jakarta: BumiAksara.

Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, Engkoswara. 2006. Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Dirjen Dikti, Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikolog Belajar. Rieneka Cipta: jakarta.

Fattah, Nanang. 2000. Mamajemen Berbasis Sekolah. Andika. Bandung.

Fred N. Kerlinger. 1986. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah MadaUniversity Press.

Ghozali, Imam. 2011. Structural Quation Modeling, Metode Alternatif Dengan Partial Least Square, Undip, Semarang.

Hamalik, Oemar. 2005. Psikologi Beajar dan Mengajar. Sianar Baru Algesindo. Bandung.

Husaini Usman. 2009. Manajemen Teori, Prakter dan Riset Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Irawan Suhartono. 1999. Metode Penelitian Sosial. Bandung : Remaja Doskarya.

Jasmani Asf & Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Kaswan, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kemendiknas. 2010. Supervisi Akademik Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Raja Garafindo Persada. Jakarta.

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Yogyakarta. Rajawali Pres

Mangkunegoro. 2005. Profesionalisme Guru. Bumi Aksara : Jakarta.

Marthis, Robert L.& Jackson, John H. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba Empat.

Moh. As’ad. 1995. Psikologi Industri. Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty.

Muhammad Surya. 2005. Psikologi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda.

Mulyasa, Enco. 2010. Menjadi Guru Profesional;Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung:Remaja Rosda Karya

Murip Yahya. 2013. Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Nasution, M. N. 2005. Management Mutu Terpadu Total Quality Management. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nawawi, Hamdani. 2005. Kepemimpinan yang Efektif, Jakarta: Gajah Mada University Press.

Ngalim. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rodakarya.

Nur Nazama. 2010. Mutu Pendidikan dan Upaya Peningkatannya. http: //nazama. blogspot.co.id/2012/12/mutu-pendidikan-dan-upaya-peningkatannya. html. (akses: 23/09/2015)

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tanggal 17 April 2007 tentang Standar Kepala Sekolah dan Nomor 16 tahun 2007 tentang Kompetensi Profesinalisme Guru. Prentice Hall, Mc.

Pupuh Fathurrohman & AA Suryana. 2011. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama.

Purwanto. Ngalim. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rodakarya.

Riduwan, dkk. 2012. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet A. 2000. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Insevi. Alfabeta. Bandung.

Sallis, Edward, Total Quality Management In Education, terjemahan Dr. Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi, M. Ag dan Yogyakarta: IRCISOD, 2006.

Simamora, H. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia (edisi III).STIE YKPN.

Soewadji. 2007. Kepala Sekolahdan Tanggungjawabnya. Jakarta : Penerbit Erlangga

Soewono. 2001. Pedoman Pembinaan Profesinal Guru. Dikdasmen. Depdikbud. Jakarta

Sugiyono. 2010. Metodelogi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Surachmad. 2003. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Tarsito. Bandung.

Surya Dharma. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Media Asri. Jakarta.

Susilo, Sarwoto. 2001. Membangun Motivasi Guru : Media Asri. Jakarta.

Syah. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Timple A. Dale. 2002. Kinerja, IKIP Yogyakarta. Terjemahan. Jakarta: PT. Media Komputindo.

Umaedi, 1999. Manajemen Peningkatan Mutu, http//:ssep.net/director:html. (akses:23/09/2015).

Umiarso & Imam, Gojali. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan “Menjual Mutu Pendidikan dengan Pendekatan Quality Controlbagi Pelaku Lembaga Pendidikan”. Cetakan ke. 1. Jogjakarta: IRCiSoD.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Veithzal Rivai & Sylviana Murni. 2009. Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja, Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv15i2.8467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Raehang Raehang, Rahmawati Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats