DESKRIPSI KEMAMPUAN MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN KENDARI DALAM MENGANALISIS DATA STATISTIKA

Muhammad Syarwa Sangila, Luthfiah Jufri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat explanatory dengan tujuan untuk memberikan gambaran kemampuan mahasiswa dalam menganalisis data statistik dan mengetahui dan mengkaji kesulitan-kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam belajar statistika. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 mahasiswa yang merupakan seluruh mahasiswa Program Studi Tadris MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari yang masih aktif dan telah memprogramkan mata Kuliah Statistika. Penelitian ini mengahasilkan kesimpulan bahwa; (1) Rata-rata nilai kemampuan analisis data statistik secara keseluruhan adalah 46,85. sedangkan standar deviasi perolehan mahasiswa secara keseluruhan adalah sebesar 9,99. (2) Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam belajar Statistika meliputi: Kesibukan Dosen yang mengakibatkan pembelajaran dikelas kurang berjalan baik; terdapat perbedaan antara rumus yang terdapat dibuku pegangan dengan yang diajarkan dosen, sedangkan Dosen tidak dapat menjelaskan mengapa perberbedaan tersebut terjadi; materi yang diajarkan sama dengan materi yang diajarkan di SMA sehingga saat mengambil matakuliah lanjutan merasa kesulitan (Materi tidak tuntas); penggunaan pengujian data dalam Statistika termasuk penggunaan aplikasi statistiknya; kendala dalam mengingat rumus dan kurangnya pemahaman mengenai konsep Statistika.

 

Kata Kunci : Analisis Data Statistik; Kesulitan Belajar Statistika.


Full Text:

PDF

References


Andayanti, Dina. (2008). Peran Statistik Dalam Pengambilan Keputusan. Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi 2008 – IST AKPRIND Yogyakarta

Agung, dkk. (2000). Studi Karakteristik Sosial Ekonomi Rumah Tangga Masyarakat Kalimantan Timur (Dampak Krisis Moneter terhadap Kehidupan Keluarga) di Kota Samarinda dan Balikpapan. Jakarta: Kerja sama LDFEUI dan Bappeda Tk I Propinsi KalimantanTimur

Arie, Muhammad. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika. Universitas Muhadiyah Tangerang. JPPM Vol. 10 No. 2 Tahun 2017.

Djamarah, S. B, (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djarwanto. (2012) Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Peneltian. Yogyakarta: Liberty.

Fitri, Amalia. (2011). Pengembangan Perangkat Pemebelajaran statistika Dasar Bermuatan Pendidikan Karakter Denagn Metode Problem Based Learning. Jurnal PP Volume 1, No. 2, Desember 2011. ISSN 2089-3639.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Iqbal Hasan. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ilmi, Miftakhul (2016). Efektivitas Pembelajaran Statistik dengan Pendekatan Keterampilan Multi Representasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGMI Unipdu Jombang. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. I No.1 Maret 2016.

Jaya, Indra & Ardat. (2013). Penerapan Statistiak Untuk Pendidikan. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.

Leibman, Zipora. (2010). Integrating RealLife Data Analysis in Teaching Descriptive Statistics: A Constructivist Approach. Journal of Statistic Education. 18, (1).

Nasution, S. (1982). Azas-azas Kurikulum. Bandung: Jemars.

Patih, T. (2016). Analisis Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Kendari sebagai Gambaran Persiapan Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional. Al-Ta'dib, 9(1), 182-200.

Riduwan, & Sunarto. (2010). Pengantar statistika untuk penelitian: pendidikan, sosial, komunikasi, ekonomi, dan bisnis. Cet. III, Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Subagyo, Pangestu, (2003). Statistik Deskriptif. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Jakarta: Alfabeta.

Suratno, T. (2009). Memahami Kompleksitas Pengajaran-Pembelajaran dan Kondisi Pendidikan dan Pekerjaan Dosen. Hand out perkuliahan. Bandung. Tidak diterbitkan.

Susetyo, B. (2012). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT Refika Aditma.

Shi, Ning-zhong. (2009). Understanding Statistics and Statistiscs Education:A Chinese Perspektive. Journal of Statistic education. 17 (3), (1-8).

Syah, M. (2004). Psikologi Belajar. Bandung: Grafindo Persada.

Triola. (2012). Elementary Statistics: Technology Update, 11th Edition. Boston: Addison Wesley.

Ullman, A. E. (1985). Data in Search of a Theory: A Critical Examination of the Relationships Among Social Performance, Social Disclosure and Economic Performance of U.S. Firms. Academy of Management Review, 10(3).

Ulpa, Maria. (2009). Belajar Statistika: Mengapa dan Bagaimana. STAIN Purwokerto: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. INSANIA Vol. 14 No. 3.

Widiyanto M.A. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Wahyuni, Yusri & Fauziah. (2015). Kajian Kesulitan Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Statistika Elementer. LEMMA Vol. II No. 1 Tahun 2015.

Zulkifri. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Statistik Terhadap Kemampuan Analisa Data Kuantitatif Mahasiswa Prodi S-1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2011-2012 Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. LIBRIA: Volume 8, Nomor 1: Juni 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v11i1.948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Syarwa Sangila, Luthfiah Jufri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats