Upaya Pasangan Suami Istri Tunawicara dalam Membentuk Keluarga Sakinah Persepsi Al-‘Urf Studi di Kota Kendari

Eva Lestari, Iswandi Iswandi, Nasruddin S

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh pasangan suami istri tunawicara dalam membentuk keluarga sakinah di Kota Kendari dan mendeskripsikan perspektif Al-Urf tehadap upaya pasangan suami istri tunawicara dalam membentuk keluarga sakinah di Kota Kendari. Untuk menjawab permasalahan yang ada penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Empiris. Untuk menjelaskan persoalan secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan studi dokumenter. Data yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan wawancara dengan informan atau narasumber yang terkait dengan objek penelitian seperti pasangan suami istri tunawicara dan keluarga informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pasangan suami istri tunawicara dalam menciptakan keluarga sakinah adalah melakukan pernikahan secara resmi, pemenuhan kebutuhan ekonomi, sosial kemasyarakatan dan Sosial keagamaan, serta menjalin komunikasi berupa selalu bersama, menggunakan sosial media, menggunakan gerakan khusus dan simbol, serta saling terbuka. Perspektif Al-Urf tehadap upaya pasangan suami istri tunawicara dalam membentuk keluarga sakinah di Kota Kendari adalah dengan pernikahan secara resmi, pemenuhan kebutuhan ekonomi, sosial kemasyarakatan dan Sosial keagamaan, serta menjalin komunikasi berupa selalu bersama, menggunakan sosial media, menggunakan gerakan khusus dan simbol, serta saling terbuka yang semuanya sejalan dengan Al-‘Urf.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Nandiyah. (2013). Menegenal Anak Berkebutuhan Khusus. Klaten.

Bachri, B.S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Chadijah,Siti. (2018). Karakteristik Keluarga Sakinah dalam Islam. Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta.

Departemen Agama RI. (1985). Modul Keluarga Bahagia Sejahtera. Jakarta.

Departemen Agama RI. (2001). Pedoman Konselor Keluarga Sakinah. Jakarta.

Departemen Agama RI, (2002). Modul Fasilitator Kursus Calon Pengantin. Jakarta.

Ertian,Fanny. (2017). Pola Komunikasi Anak Tunawicara. Bandung: Universitas Pasundan Bandung.

Fitriani,Nurul. (2015). Sakinahkan Keluargamu. Yogyakarta: Araska.

Hakim,Abdul. (2016). Upaya Pasangan Suami Istri Tunawicara dalam Membentuk Keluarga Sakinah. Banjarmasin: Institut Agama Islam Negeri Antasari.

Sarjana, Sunan Autad dan Imam Kamaluddin Suratman. (2017). Konsep Urf dalam Penetapan Hukum Islam. Ponorogo: Universitas Darussalam Gontor.

Prasetiawati, E. (2017). Penafsiran Ayat-Ayat Keluarga Sakinah, Mawaddah, WaRahmah dalam Tafsir Al-Misbah dan Ibnu Katsir. Lampung: Institut Agama Islam Ma’arif NU Metro.

Zaini, Muhammad Hafas. (2017). Tradisi Sandingan dalam Pernikahan Perspektif Al-Urf (Studi di Desa Tambakrejo Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/.v2i1.3669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kalosara: Family Law Review was Indexed By:

Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]

Web Analytics View My Stat