Pengaruh Timbal Balik Hukum Kewarisan Adat dan Hukum Kewarisan Islam di Indonesia

Panggih Widodo

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh timbal balik antara hukum kewarisan adat dan hukum kewarisan Islam di Indonesia. Permasalahan yang penulis angkat dalam tulisan ini meliputi eksistensi hukum Islam dan adat berkenaan dengan kewarisan di tengah-tengah masyarakat muslim dan pengaruh hukum kewarsan adat terhadap hukum kewarisan Islam begitu pula sebaliknya. Tulisan ini merupakan penelitian pustaka dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diolah dengan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan pembagian kewarisan di Indonesia pada masyarakat muslim terjadi kombinasi antara hukum kewarisan adat dan hukum kewarisan Islam. Kedua, pengaruh hukum kewarisn adat terhadap hukum kewarisan Islam dapat dilihat dengan adanya simtem musyawarah dalam pembagian warisan, wasiat wajibah, fitnah sebagai salah satu penghalang seseorang mendapatkan warisan dalam Kompilasi Hukum Islam, ahli waris pengganti. Ketiga, pengaruh hukum kewarisan Islam terhadap hukum kewarisan adat di Indonesia dapat dilihat dengan adanya penerapan hukum kewarisan Islam yang kadang kala dapat menggeser penerapan hukum kewarisan adat dan pelaksanaan pembagian warisan dengan sentuhan warna baru dari hukum kewarisan Islam terhadap hukum kewarisan adat. Penulis berharap tulisan ini dapat memberikan kontribusi untuk menambah kazanah keilmuan Islam dan dapat memberikan pemahaman bagi umat Islam terhadap adanya hukum kewarisan  adat dan Islam yang saling mempengaruhi dalam pelaksanaanya di tengah-tengah umat Islam.


Full Text:

PDF

References


Tentang Hak Ahli Waris Pengganti (Mawali) di Pengadilan Agama Polewali Mandar.” Qadauna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Keluarga Islam 3, no. 1 (2021).

Arif, Saifuddin. Hukum Waris Islam dan Praktek Pembagian Harta. Jakarta: Pondok Pesantren Darunnajah, 2007.

Basir, Abd. “Kewarisan Adat di Tanah Bugis (Suatu Analisis Hukum Islam).” Jurnal Petitum 4, no. 1 (2019).

Dimyati, Ahmad, dkk. Kewarisan Adat di Tanah Bugis (Suatu Analisis Hukum Islam). Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Eric. “Hubungan Antara Hukum Islam dan Hukum Adat dalam Pembagian Warisan di dalam Masyarakat Minangkabau.” Jurnal Muara 3, no. 1 (2019).

Fakhyadi, Defel. Konsep Mashlahah dalam Modernisasi Hukum Kewarisan Islam di Indonesia. Jakarta: Sakata Cendikia, 2014.

Kementerian Agama RI. Kompilasi Hukum Islam di Indonesia. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2018.

Komari. “Eksistensi Hukum Waris di Indonesia: Antara Adat Dan Syariat.” Jurnal Asy-Syari’ah 17, no. 2 (2019): 157.

Kuntjaraningkrat. Beberapa Pokok Antropologi. Jakarta: Dian Rakyat, 1992.

Lubis, Sakban , dkk. Fikih Mawaris: Memahami Hukum Waris dalam Islam. Yogyakarta: Green Pustaka Indonesia, 2023.

Lukito, Ratno. Hukum Sakral dan Hukum Sekuler: Studi Tentang Konflik dan Resolusi s dalam Sistem Hukum Indonesia. Tangerang: Pustaka Alvabet, 2008.

Mansur, Teuku Muttaqin. Hukum Adat: Perkembangan dan Pembaharuannya. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2018.

Mulyadi, Lilik. Eksistensi dan Dinamika Hukum Adat Waris Bali dalam Perspektif Masyarakat dan Putusan Pengadilan. Denpasar: Penerbit Alumni, 2022.

Pongoliu, Hamid. “Dialektika Hukum Waris Adat dan Hukum Waris Islam di Kota Gorontalo.” Jurnal Al-Himayah 3, no. 2 (2019).

Rosyana, Desma , dkk. “Eksistensi Ahli Waris Pengganti dalam Hukum Adat Kampar Kecamatan Bangkinang Perspektif Kompilasi Hukum Islam.” Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah: Jurnal Hukum Keluaraga Dan Peradialn Islam 3, no. 2 (2022).

Saifuddin, Amir. Pelaksanaan Hukum Kewarisan Islam dalam Adat Minang Kabau. Jakarta: Gunung Agung, 1982.

Siregar, Salma Ramadhani , dkk. “Hak Pewaris Pada Anak Angkat dalam Perspektif Hukum Islam, Hukum Perdata, Serta Hukum Adat di Indonesia.” Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan 1, no. 2 (2022).

Setyowati, Yanna Galuh. “Analsis Terhadap Prosedur Penyeleseian Sengketa Warisan oleh Majlis Adat Aceh.” Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan 1, no. 2 (2022).

Su’aidah, Idah. Kewarisan dalam Perspektif Al-Qur’an. Pekalongan: Nasya Expanding Management, 2021.

Sulistyowati, Irianto. Pluralisme Hukum Waris dan Keadilan Perempuan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2016.

Veranita, Erna Novita dan Indriya Fathni. “Pelaksanaan Hukum Kewarisan Islam dalam Adat Minang Kabau.” Zakeen: Journal of Civil and Businness Law 3, no. 2 (2022).

Wahidin, Fikri. “Konsepsi Hukum Waris Islam dan Hukum Waris Adat (Analisis Kontekstualisasi dalam Masyarakat Bugis).” Jurnal Al-Ahkam 1, no. 2 (2019).

Wigjodipoero, Soerojo. Pengantar dan Asas-Asas Hukum Adat. Jakarta: Gunung Agung, 1955.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kalosara.v3i2.7102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kalosara: Family Law Review was Indexed By:

Organized by : Fakultas Syariah
Published by : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17, Kec. Baruga, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: kalosara@iainkendari.ac.id

Web Analytics View My Stat