Pengabaian Hak Anak Menurut UU Nomor 35 Tahun 2014 Perspektif Psikologi Keluarga Islam Studi Kasus di MTS Al- Muhajrin Kendari
DOI:
https://doi.org/10.31332/kalosara.v4i2.9285Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan dampak psikologis terhadap anak yang hak-haknya dilalaikan menurut Pasal 14 UU Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak di MTs Al-Muhajirin Kendari. Serta menganalisis perspektif psikologi keluarga islam terhadap dampak anak yang haknya dilalaikan di MTs Al-Muhajirin Kendari. Jenis penelitian ini normatif-empiris, dengan menggunakan pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekatan hukum islam. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi serta menggunakan tiga jenis uji validasi data yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan menggunakan triangulasi waktu. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ketika hak-hak anak dilalaikan menurut UU Nomor 35 Tahun 2014 Perlindungan Anak, menimbulkan dampak yang kompleks, baik positif maupun negatif namun dalam penelitian ini berfokus pada dampak negatif akibat perceraian orang tua mencakup aspek emosional, prestasi akademik, dan hubungan dengan kedua orang tua kurang baik. (2) Menurut perspektif psikologi keluarga islam menunjukkan bahwa ketika hak-hak anak diabaikan, implikasi psikologis yang muncul meliputi rasa tidak dihargai dan tidak diperhatikan, ketidakstabilan emosi, dan gangguan dalam hubungan interpersonal. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada orang tua dan lingkungan terkait pentingnya untuk mengatasi Implikasi psikologis yang dirasakan oleh anak ketika mereka melalaikan tanggung jawabnya. Implikasi dari penelitian ini memberikan gambaran apa saja yang dirasakan oleh anak yang berkaitan dengan sosial, emosi serta prestasi anak ketika mereka tidak mendapatkan hak-hak mereka dari orang tuanya baik itu menurut Pasal 14 UU No 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak maupun menurut Perspektif Psikologi Keluarga Islam.
References
Mufidah, Ch. (2014) Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gendre. UIN Malika Press.
Nurhayati, E. (2016). Psikologis pendidikan inovatif. Yogyakarta: Pusat Pelajar.
Epstein, J. (2018). School, family, and community partnerships, student economy edition: Preparing educators and improving schools. Routledge.
Suyadi, P. B. P. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.
Rostiana, I. dkk (2015). Hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi anak untuk bersekolah di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Sosietas: Jurnal Pendidikan sosiologi, 5(2).
Poha, S., Djibu, R., & Napu, Y. (2022). Faktor Penyebab Kenakalan Remaja Di Desa Huntu Barat. Student Journal of Community Education, 69-78.
Yulianto, D., dkk (2022). Sosialisasi Pola Asuh Orangtua bagi Perkembangan Sosial Emosional Anak. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(1), 25-30.
Karmini, NW (2022). Era Digital: Orientasi Pembentukan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Sekolah Positif, 6(9), 214-228.
Fitroturrohmah, M., Purwadi, P., & Azizah, M. (2019). Hubungan peran orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi sdn kedung 01 jepara. JANACITTA, 2(2).
Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014a). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187.
Daulay, N. (2014). Pola asuh orangtua dalam perspektif psikologi dan Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 2(2).
Islami, I. (2019). Legalitas Penguasaan Hak Asuh Anak Dibawah Umur (Hadhanah) Kepada Bapak Pasca Perceraian. Jurnal Al-Qadau: Peradilan Dan Hukum Keluarga Islam, 6(2), 181-194.
Yusuf, M. (2014). Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak. Jurnal Al-Bayan, 20(29).
Zuhrotunnisak, Z. (2018 ). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Ma'arif NU Banyuputih Batang. Skripsi. Universitas Wahid Hasyim Agama Fakultas Islam Semarang.
Kristina. (2022). “Sifat Malaikat Menurut Surah At Tahrim Ayat 6: Kasar, Keras, dan Patuh” Detikedu. Diakses pada 17 Juli 2024 dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6118534/sifat-malaikat-menurut-surah-at-tahrim-ayat-6-kasar-keras-dan-patuh.
Wijaya, M.T., (2021). “Mengenal Hak Pengasuhan Anak dalam Islam” Nu Online. Diakses Diakses pada 9 Juni 2024 dari https://islam.nu.or.id/nikah-keluarga/mengenal-hak-pengasuhan-anakdalam-islam 1piya#google_vignette.
Nurhayati, E. (2016). Psikologis pendidikan inovatif. Yogyakarta: Pusat Pelajar.
Epstein, J. (2018). School, family, and community partnerships, student economy edition: Preparing educators and improving schools. Routledge.
Suyadi, P. B. P. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.
Rostiana, I. dkk (2015). Hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi anak untuk bersekolah di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Sosietas: Jurnal Pendidikan sosiologi, 5(2).
Poha, S., Djibu, R., & Napu, Y. (2022). Faktor Penyebab Kenakalan Remaja Di Desa Huntu Barat. Student Journal of Community Education, 69-78.
Yulianto, D., dkk (2022). Sosialisasi Pola Asuh Orangtua bagi Perkembangan Sosial Emosional Anak. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(1), 25-30.
Karmini, NW (2022). Era Digital: Orientasi Pembentukan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Sekolah Positif, 6(9), 214-228.
Fitroturrohmah, M., Purwadi, P., & Azizah, M. (2019). Hubungan peran orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi sdn kedung 01 jepara. JANACITTA, 2(2).
Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014a). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187.
Daulay, N. (2014). Pola asuh orangtua dalam perspektif psikologi dan Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 2(2).
Islami, I. (2019). Legalitas Penguasaan Hak Asuh Anak Dibawah Umur (Hadhanah) Kepada Bapak Pasca Perceraian. Jurnal Al-Qadau: Peradilan Dan Hukum Keluarga Islam, 6(2), 181-194.
Yusuf, M. (2014). Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak. Jurnal Al-Bayan, 20(29).
Zuhrotunnisak, Z. (2018 ). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Ma'arif NU Banyuputih Batang. Skripsi. Universitas Wahid Hasyim Agama Fakultas Islam Semarang.
Kristina. (2022). “Sifat Malaikat Menurut Surah At Tahrim Ayat 6: Kasar, Keras, dan Patuh” Detikedu. Diakses pada 17 Juli 2024 dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6118534/sifat-malaikat-menurut-surah-at-tahrim-ayat-6-kasar-keras-dan-patuh.
Wijaya, M.T., (2021). “Mengenal Hak Pengasuhan Anak dalam Islam” Nu Online. Diakses Diakses pada 9 Juni 2024 dari https://islam.nu.or.id/nikah-keluarga/mengenal-hak-pengasuhan-anakdalam-islam 1piya#google_vignette.
Downloads
Published
2024-09-09
Issue
Section
Articles























