Implikasi Pengalaman Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Siswa SMP Negeri 30 Konawe Selatan

Watini Watini

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui implikasi pengalaman etnomatematika terhadap pemahaman konsep bilangan bulat siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling dengan penentuan besar sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 54 dari 63 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, pemberian angket dan soal essay. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji Kruskal Wallis untuk menguji perbedaan pemahaman konsep bilangan bulat berdasarkan tingkat pengalaman etnomatematika siswa yang baik, cukup baik maupun tidak baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa signifikansiuji Kruskal Wallis sebesar 0,813 > 0,05; yang artinya tidak ada perbedaan pemahaman konsep bilangan bulat yang signifikan meskipun siswa memiliki pengalaman etnomatematika yang baik, cukup baik maupun tidak baik. Ini mengindikasikan bahwa pengalaman etnomatematika tidak berimplikasi secara langsung terhadap pemahaman konsep bilangan bulat siswa.


References


Ayu dkk. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari.Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 229-239.

Badan Pengembang dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI V 0.2.1 Beta (21).

Fajriyah, Ayu Putri. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114-119.

Fatqurhohman. (2016). Pemahaman Konsep Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4, (2), 127-133.

Febriyanti, Chatarina. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng, Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7, 1, 39.

Latan, Hengki. (2014). Aplikasi Analisis Data Statistika Untuk Ilmu Sosial Sains dengan IBM SPSS. Bandung:Alfabeta.

Mauliadi. (2018). Efektivitas Penerapan Etnomatematika Jenis Kelereng dalam HOMTS (Higher Order Mathematica Thinking Skills dengan Implementasi Konsep Matematika, Dikdas B1 PPs Unimed, 7.

Nisa, Muhibatun. (2019). Pengaruh Pengalaman Belajar Terhadap Sikap Positif Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP NU Dukuhjati Krangkeng-Indramayu. Pediamatika, 01, 141-153.

Patih, Tandri. (2016). Analisis Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Kendari Sebagai Gambaran Persiapan Siswa dalam Menghadapi ujian Nasional. Jurnal Al-Ta’dib, 9 (1), 198.

Untari, Tri. (2014). Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Siswa Kelas IV SDN Kulwaru Kulon. Skripsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i2.2176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Watini Watini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.