Meta-Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah

syafiatuz zahro

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) model on students' critical thinking skills and scientific attitudes based on education level, learning materials and teaching materials used. This research used meta-analysis method. This research was obtained from 7 national scientific journals. Based on the results obtained based on the level of education, the PBL model is effectively used at the junior high school and senior high school levels. Based on learning materials, PBL models are used to develop critical thinking skills and scientific attitudes. Based on the learning material, the PBL model is more effective in using the human respiratory system material for critical thinking skills and scientific attitudes. Then based on the teaching materials, all teaching materials are effective when using the PBL model for critical thinking skill and scientific attitudes.

 

Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan model Problem Based Learning (PBL)  terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa berdasarkan jenjang pendidikan, materi pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Penelitian ini diperoleh dari 7 jurnal ilmiah nasional. Berdasarkan hasil yang diperoleh berdasarkan jenjang pendidikan, model PBL efektif digunakan pada jenjang SMA maupun SMP. Berdasarkan materi pembelajaran, model PBL untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan sikap ilmiah. Berdasarkan materi pembelajaran, model PBL lebih efektif menggunakan materi sistem pernapasan manusia untuk kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Kemudian berdasarkan bahan ajar seluruh bahan ajar efektif jika menggunakan model PBL untuk berfikir kritis maupun sikap ilmiah.

 


References


Archambault, J. 2008. The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Action Research Required for the Master of Natural Science Degree with Concentration in Physics; Arizona State University.

Aryanti, Firti (2017). Penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal BIOSFER, 2 (1) 14-20.

Chiapetta, L. E., & Koballa, R. T. (2010). Science Instruction In The Middle And Secondary schools developing fundamental knowledge and skills. New York :Pearson Education, Inc.

Darmawan. (2010). Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS di MI Darrusaadah Padeglang. Jurnal Penelitian Pendidikan 11(2): Oktober 2010.

Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniawati, annisa, Festiyed (2019). Meta-Analisis Efektifitas Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Pillar of Physics Education Journal. 12 (4) 849-856.

Lestari, Devy Indah, Anti Kolonial (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnla Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2) 145-155.

Made, W. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara.

Maryam, Siti Fadhilah Palestina, dkk (2014). Penerapan Pendakatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Konsep Sistema Pernapasan Manusia. Jurnal Biotik. 2 (1) 70-76.

Nursiti, N., & Barat, W. L. J. (2013). Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Widyaiswara LPMP Jawa Barat.

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik tinjauan teoritis dan praktik. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.

Purwaningsih, Duri Dyah. (2007). Pengaruh Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa SMPN 16 Semarang kelas VIII. SkripsiUniversitas Negeri Semarang.

Rosdiana, Yulia (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Materi Psikotropika. Jurnal BIOSFER, 4 (1) 25-32.

Selviani, ike (2019). Pengembangan Modul Biologi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. IJIS Edu :Indonesian J. Integr. Sci. Education, 1 (2) 147-154.

Setiawan, D. (2007). Pengembangan Bahan ajar, jakarta, Universitas Terbuka.

Sumarmi. (2012). Model-model Pembelajaran Geografi. Aditya Media.

Surya, Erdi (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Sikap Ilmiah Siswa Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Di Sma Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Biology Education, 4 (1).

Surya, Erdi Khairil, dkk (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Di Sma Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2 (1) 135-145




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i2.2239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 syafiatuz zahro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.