Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Fisika pada Madrasah Aliyah

Hasnawati Haili

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan gambaran keterlaksanaan penilaian autentik yang dilakukan pada pembelajaran fisika, 2) mendeskripsikan harapan guru tentang penilaian autentik pada pembelajaran fisika di Madrasah Aliyah. Dalam field study ini digunakan pendekatan kualitatif. Sampel yang digunakan adalah 4 (empat) orang guru di empat Madrasah Aliyah negeri dan swasta di kabupaten Muna. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Dari hasil angket dan wawancara tersebut didapatkan informasi bahwa penilaian autentik yang dilakukan guru pada Madrasah Aliyah dalam pembelajaran fisika belum terlaksana secara menyeluruh. Penilaian baru diterapkan pada kompetensi pengetahuan sedangkan kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap belum optimal. Guru terhambat pada kriteria yang terlalu banyak hingga alokasi waktu tidak cukup. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan instrumen penilaian hasil belajar pada kompetensi keterampilan dan sikap. Disamping itu instrumen penilaian yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur beberapa kompetensi siswa sekaligus seperti kognitif, afektif dan psikomotor untuk mengatasi hambatan yang dialami oleh guru fisika di Madrasah Aliyah.

Kata Kunci: Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, Pembelajaran Fisika


References


Awan, M., Hartono, & Nugroho, S. E. (2019). Keterlaksanaan Penilaian Autentik dilihat dari Pengalaman Mengajar dan Kualifikasi Pendidik. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 77–83.

Birgin, O., & Baki, A. (2007). The Use of Portfolio to Assess Student ’ s Performance. Journal of Turkish Science Education, 4(2), 75–90.

Bunga, M. T., & Amin, D. (2013). Portfolio-Based Physics Learning Model To Improve Critical Thinking Skills. International Journal of Education and Research, 1(9), 1–8.

Dungus, F. (2013). The Effect of Implementation of Performance Assessment , Portfolio Assessment and Written Assessments Toward the Improving of Basic Physics II Learning Achievement. 4(14), 111–117.

Gunay, A., & Ogan-Bekiroglu, F. (2014). Impact of portfolio assessment on physics students’ outcomes: Examination of learning and attitude. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 10(6), 667–680.

Imamuddin, M. (2022). Pelaksanaan Penilaian Autentik di Madrasah (Studi Pada Guru Matematika di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bukittinggi). 5(1), 1–12.

Kesowo, B. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Limprecht, S., Janko, T., & Gläser-Zikuda, M. (2013). Achievement emotions of boys and girls in physics instruction: Does a portfolio make a difference? Orbis Scholae, 7(2), 43–66.

Mehtap, Ç., Gülcan, TAŞKIN, G. M., & Belgin. (2010). How Portfolio Use Affects Students’ Learning and Their Attitudes toward 6th Grade Science Lesson. International Online Journal of Educational Sciences, 2010, 2 (2), 362-377, 2(2), 362–377.

Mundilarto. (2001). Evaluasi Terpadu Dalam Pembelajaran Fisika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Murniati, MS, S., & Muslim, M. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Psikomotorik Materi Fisika Untuk Sekolah Menengah Pertama Sebagai Upaya Melakukan Penilaian Autentik. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 193–202.

Nuh, M. (2014). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum, 13, 13,23.

Nuryani, & Rustaman, A. (2014). Penilaian Proses dan Hasil Belajar Pada Kurikulum 2013. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ogan-bekiroglu, F., Gunay, A., & Education, M. (2008). Physics Students ’ Perceptions on Their Journey. Portfolio The Magazine Of The Fine Arts, 1993, 1–7.

Patandean, A. J. (2014). Penilaian portofolio dalam pembelajaran fisika berbasis inquiry terbimbing. Sains Dan Fisika, 10, 255–262.

Peraturan Pemerintah. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Sekretariat Negara, 2(32), 148–164.

Suhardi, D. (2021). Penilaian Autentik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika di SMAN 1 Pagaden. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 65–74.

Supriadi, G. (2021). Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Pulang Pisau Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(1), 12–19.

Surapranata, S., & Hatta, M. (2006). Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang-Nomor-14-Tahun-2005.pdf. (n.d.).

Whitworth, B. A., & Bell, R. L. (2013). Physics Portfolios: A picture of student understanding. The Science Teacher, November, 38–43.

Wulandari, K., Prihatiningtyas, S., Kh, U., Hasbullah, A. W., & Nasional, M. (2021). Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Fisika di SMK. Eduscope, 07(02), 39–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v3i1.5335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hasnawati Haili

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.