Dampak Kebijakan Menteri Agama terhadap Pembinaan Penyuluhan Keagamaan: Kasus di Kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah
Abstract
Penelitian ini fokus mendeskripsikan system rekruitmen penyuluh keagamaan khususnya penyuluh agama Islam di Kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah, berdasarkan kebijakan Kementerian Agama Republik Indonesia nomor. DJ.III/432 Tahun 2016 melalui Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Dampak kebijakan system rekruitmen tenaga penyuluh non PNS berdasarkan kebijakan Kementerian Agama RI nomor DJ.III/432 Tahun 2016. Fokus penelitian menelusuri tentang dampak Kebijakan Kementerian agama Republik Indonesia terhadap pola rekruitmen penyuluh keagamaan non PNS terhadap kinerja para penyuluh pada masyarakat Kecamatan Talaga Raya. Dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme rekruitmen penyuluh agama non PNS di kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah tidak ditemukan adanya penyimpangan dalam arti berjalan sesuai petunjuk teknis pengangkatan penyuluh agama Islam non PNS. Dampak kebijakan system rekruitmen penyuluh agama ada dua yaitu (1) Kinerja Penyuluh agama Islam non PNS tidak maksimal penyebabnya adalah tenaga yang direkrut tidak memiliki kompetensi kepenyuluhan, tenaga yang direkrut tidak sesuai latar belakang pendidikan sebagai penyuluh. Selain itu, rendahnya insentif para penyuluh honorer menjadikan kinerja para penyuluh tidak maksimal. (2) Mematikan Beberapa Taman Pendidikan Alquran karena perekrutan penyuluh agama tidak berbasis desa sehingga sebahagian desa tidak memiliki tenaga penyuluh. Pembinaan penyuluh agama tidak efektif karena rasio penyuluh dengan kelompok binaannya tidak seimbang.
Kata kunci: Syistem Rekrutmen, Penyuluh Agama Islam.Full Text:
PDFReferences
Biklen & Bogdan, Qualitative Research for Education: an Introduction to Theories and Methods, Boston: Pearson Education, 2007.
Borg &Gall, Educational Research: an Introduction, Boston:Pearson Education, 2003.
Creswell, John W. Research Design Pendekatan Qualitatif, Quantitatif and Mixed, ed.3 (terj), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012
Lickona, Thomas, Educating for Character How Our Schools Can Teach Respect And Responssibility, New York: Bantam Books, 1991.
Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam: dari Paradigma Pengembangan, Managemen Kelembagaan, Kurikukum hingga Strategi Pembelajaran , Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2009.
Mulyasa, Managemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.
Nasution, Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, Bandung : Tarsito, 2003.
Nur Wahid, Hidayat dkk, Tim Penyusun Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu, Jakarta: al-Hikmah, 2009.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2012.
Winarni, Sri, Integrasi Pendidikan karakter Dalam Perkuliahan, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 1, Pebruari 2013, dikases: 21 Desember 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.