Media Simulasi Cisco Packet Tracing Dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan
Abstract
Abstrak
Penelitian iniĀ bertujuan mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh penerapan model simulasi berbantuan Cisco Packet Tracer (CPT) terhadap capaian belajar mahasiswa dari aspek Nilai, Minat, dan Keterampilan Mahasiswa di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan model penelitian Quasi-Exsperimental dengan konsep pretest posttest design control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV (empat) di jurusan Teknologi Pendidikan di STKIP Muhammadiyah Bone, yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok I dan II. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik uji soal tes, kuesioner atau angket, dan Lembar observasi keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji homogenitas, uji normalitas, uji validitas, uji reliabilitas, dan uji-T (beda). Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan tingkat pengaruh CPT dari nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa pada saat pretest di kelas kontrol adalah 52,29 sementara di kelas eksperimen diperoleh 51,14. Nilai posttest di mana nilai rata-rata masing-masing kelas adalah 65,42 untuk kelas kontrol dan 70,71 untuk kelas eksperimen. Pengujian secara statistik dengan hasil uji-T (beda) setelah perlakuan adalah sebesar 0,672 > 0,05. Dari aspek Minat, nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa pada kelas kontrol sebesar 52,2286 dan di kelas eksperimen rata-rata adalah 61,4571. Pengujian secara statistik dengan hasil uji-T (beda) setelah melihat minat mahasiswa adalah sebesar 52,2286 < 61,4571. Dari aspek Keterampilan, nilai rata-rata yang diperoleh mahasiswa pada kelas kontrol sebesar 2,8857 dan di kelas eksperimen rata-rata adalah 3,6286. Pengujian secara statistik dengan hasil uji-T (beda) setelah melihat keterampilan mahasiswa adalah sebesar 2,8857 < 3,6286.
Kata kunci: capaian belajar, simulasi, cisco packet tracer (CPT)
Full Text:
PDFReferences
Referensi
Abdulhak, Ishak dan Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi (edisi kedua). Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Darmawan, Deni. 2015. Teknologi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta: Jakarta.
Faisal. 2012. Teknologi Informasi. Alauddin University Press: Makassar.
Hamalik, Oemar., 2009. Proses Belajar Mengajar. Bumi aksara: Jakarta
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Munir. 2015. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Rogers, Everett M., 1995. Diffusion of Innovation. The Free Press: London
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.