Tren Pergeseran Media Konvensional Ke Era Digitalisasi (Studi Kasus Konvergensi Media Di Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Biro Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat )

Main Article Content

Abdul Majid Mansah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (LKBN) biro Sulselbar di era konvensional dan  di era digitalisasi, serta untuk mengetahui tren konvergensi media di LKBN Antara biro Sulselbar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi LKBN Antara biro Sulselbar di era konvensional memiliki peran untuk memproduksi dan mendistribusikan setiap informasi kepada pelanggan, baik media massa maupun  non media massa yang disiarkan melalui jaringan satelit VSAT (Very Small Aperture Terminal). Pada tahun 2008 LKBN Antara biro Sulselbar memasuki era digitalisasi dengan membuat portal online (Makassar.antaranews.com) dan Antara TV agar informasi yang diproduksi dapat diakses langsung oleh masyarakat tanpa melupakan fungsi utamanya sebagai kantor berita yang menyediakan informasi kepelanggan. Seiring dengan memasuki era digitalisasi Antara terus melakukan inovasi dengan melakukan konvergensi media berupa teks, gambar dan suara yang dipadukan dalam  satu platform yaitu Makassar.antaranews.com dan Antara TV.

Kata Kunci :  Konvensional,  digitalisasi dan Konvergensi

Article Details

How to Cite
Mansah, A. M. (2019). Tren Pergeseran Media Konvensional Ke Era Digitalisasi (Studi Kasus Konvergensi Media Di Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Biro Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat ). Al-MUNZIR, 12(1), 121–130. https://doi.org/10.31332/am.v12i1.1284
Section
Articles

References

Bajari, Atwar. 2015. Metode Penelitian Komunikasi : Prosedur,Tren, dan Etika. Bandung : Simbiosa Rekatma Media.

Bungin, H.M. Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana Prenada media Group.

Cangara, H. hafied.2014. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Djamal, Hidajanto., Andi Fachruddin. 2011. Dasar-Dasar Penyiaran Sejarah, Organisasi, Oprasional, dan Regulasi. Jakarta : Kencana Prenada media Group.

Ibrahim, idi Subandy., Bachruddin Ali Akhmad. 2014. Komunikasi dan Komodifikasi : Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Kriyantono, Rachmat. 2014. Tenkik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Majid, Abd., Rayudaswati Budi. 2013. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi. Yogyakarta : Leutika Nouvalitera.

Morissan. 2014. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Nurdin. 2014.pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cyber Media). Jakarta : Kencana.

Pawito, 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta : PT. LKiS Pelangi Askara Yogyakarta.

Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta : PT Grafindo

Sudarman, Paryati. 2008. Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanto, Bagong dan Sutinah. 2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Kencana

Tamburaka,Apriadi. 2013.Literasi Media : Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa.Depok :PT Raja Grafindo Persada

Vera, Nawiroh. 2016. Komunikasi Massa. Bogor : Ghalia Indonesia. Prenadamedia Group.

Vivian, Joan. 2008. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Kencana Prenada media Group.