Penggunaan Strategi Persuasif dalam Kejuaraan Debat Perguruan Tinggi Nasional Tahun 2019

Main Article Content

Robing Robing
Hardilla Patahuddin

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui jenis-jenis strategi persuasif apa yang digunakan serta jenis persuasif yang paling dominan digunakan oleh peserta debat pada Kejuaraan Debat Perguruan Tinggi Nasional 2019. Penelitian ini berfokus pada teori strategi persuasif oleh Hart. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan note-taking sebagai instrument penelitian untuk menemukan informasi data yang lebih valid dan substansial. Penelitian ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan dan meningkatkan pengetahuan pembaca khususnya debat tentang pentingnya strategi persuasif dalam berdebat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 11 dari 16 jenis strategi persuasif yang digunakan debat dalam NUDC 2019 dimana Strategi Minimization paling dominan digunakan sedangkan Strategi Association dan Disassociation paling sedikit digunakan. Peneliti menyimpulkan bahwa Strategi Persuasif seperti yang dikemukakan oleh Hart, et, al. sangat cocok untuk digunakan dalam debat karena ditemukan banyak betuk strategi tersebut dalam Kejuaraan Debat Perguruan Tinggi Nasional 2019.

Kata kunci: Strategi Persuasif, Kejuaraan Debat Perguruan Tinggi Nasional 2019, Teori Strategi Persuasif oleh Hart

Article Details

How to Cite
Robing, R., & Patahuddin, H. (2021). Penggunaan Strategi Persuasif dalam Kejuaraan Debat Perguruan Tinggi Nasional Tahun 2019. Al-MUNZIR, 14(2), 153–166. https://doi.org/10.31332/am.v14i2.2616
Section
Articles
Author Biographies

Robing Robing, Universitas Hasanuddin

Student of Communication science in faculty of  Social and Political Science, Universitas Hasanuddin , Makassar, Indonesia

Hardilla Patahuddin, Universitas Hasanuddin ,Makassar, Indonesia

student of English Literature in Faculty of Cultural Science, Universitas Hasanuddin ,Makassar, Indonesia