HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB MAHASISWA BIDIKMISI

Ety Nur Inah, Aeni Khairunnisa

Abstract


Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar, prestasi belajar pada mata kuliah bahasa Arab dan hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab mahasiswa Bidikmisi di Kendari. Data yang diambil dari sampel (n = 40) dikumpul menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi lalu dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif data variabel X menunjukan nilai mean 61,48 dari skor idealnya, dengan frekuensi tertinggi (24 = 60%) pada interval presentase 61-80%. Hasil ini umumnya menunjukkan motivasi belajar bahasa Arab mahasiswa Bidikmisi pada kategori tinggi. Hasil analisis deskriptif data variabel Y menunjukkan nilai mean (81,2) dari skor idealnya, dengan frekuensi tertinggi (20 = 50%) pada interval presentase 61-80%. Hasil ini umumnya menunjukkan prestasi belajar bahasa Arab mahasiswa Bidikmisi pada kategori tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab mahasiswa Bidikmisi (r2 = 2,5%), sedangkan sisanya 97,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Belajar Bahasa Arab; mahasiswa Bidikmisi; motivasi belajar; prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Burhan. (2011). Teknik analisa data statistik pendidikan. Kendari: LPSK Quantum.

Daryanto, D. (2009). Panduan proses pembelajaran kreatif dan inovatif. Jakarta: Publisher.

Departemen Pendidikan Kebudayaan. (1999). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dornyei, Z. (Ed.). (2001). Motivational strategies in the language classroom. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Hamalik, O. (1995). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harahap, N. (1979). Teknik penilaian hasil belajar. Jakarta: Bulan Bintang.

Hermawan, A. (2011). Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Huitt, W. (2011). Motivation to learn: An overview. Educational Psychology Interactive. Valdosta, GA: Valdosta State University. Retrieved from http://www.edpsycinteractive.org/topics/motivation/motivate.html

Inah, E. N. (2007). Statistik pendidikan. Kendari: Istana Profesional.

Kardon. (2012). Hubungan antara motivasi dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Kendari: LPSK Quantum.

Kementerian Agama RI. (1989). Al-Quran dan terjemahannya. Semarang: CV. Toha Putra.

La Hadisi. (2009). Strategi pembelajaran. Kendari: CV. Shandra.

Machmud, H. (2006). Media pembelajaran. Kendari: Istana Profesional.

Mulu, B. (2011). Pembelajaran bahasa Arab. Kendari: LPSK Quantum.

Nasution, A. H. (2002). Panduan berpikir penelitian secara ilmiah bagi remaja. Jakarta: PT. Grafindo.

Purwanto, N. M. (2004). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2008). Rumus dan data dalam analisis statistik. Bandung: Alfabeta.

Rosyidi, A. W. (2007). Media pembelajaran bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.

Raslimin, W. O. (2018). PENERAPAN SIKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA MTsN I WAKATOBI. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(1), 115-135.

Sabri, M. A. (2001). Pengantar psikologi umum dan perkembangan. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya.

Sardiman, A. M. (1988). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soehartono, I. (1999). Metode penelitian sosial. Jakarta: Erlangga.

Suaibah. (2012). Pengaruh kompetensi kepribadian dosen terhadap motivasi berprestasi mahasiswa jurusan Tarbiyah STAIN Qaimuddin Kendari. Skripsi tidak dipublikasikan. STAIN Sultan Qaimuddin, Kendari.

Sudijono, A. (2003). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sudjana. (1996). Metode statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2003). Statistik untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2004). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sultan. (2014). Pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa STAIN Kendari. Skripsi tidak dipublikasikan. STAIN Sultan Qaimuddin, Kendari.

Supramono, & Sugiarto. (1993). Statistika. Yogyakarta: Andi Offset.

Syah, M. (2002). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2009). Psikologi belajar. Depok: Rajawali Pers.

Syaodih, N. (1980). Sikap belajar siswa aktif dan motivasi dari guru. Malang: IKIP.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ety Nur Inah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats