Pelaksanaan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-Kanak

Suridah S, Dimas Fajar, Fahrurrozi F, Rani Anggraeni, Ruhiyati Ulfa, Sonia S

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif dengan tujuan pelaksanaan metode karyawisata dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama islam dalam pelaksanaan metode karyawisata di TK Al-Fitrah Pekanbaru sudah terlaksana. Metode karyawisata digunakan karena memiliki tujuan bahwa dengan melaksanakan karya wisata diharapkan peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung adri objek yang dilihatnya, dapat turut menghayati tugas pekerjaan milik seseorang serta dapat bertanggungjawab dengan jalan demikian mereka mampu memecahkan persoalan yang dihadapinya dalam pelajaran, ataupun pengetahuan umum. Dalam proses pembelajaran juga dikaitkan dengan Pendidikan Agama Islam disetiap materi yang akan diberikan kepada peserta didik tersebut.

Kata Kunci : Metode Karyawisata; Pembelajaran PAI


Full Text:

PDF

References


Bahri, Syaiful dkk, 2011, Strategi Belajar Mengajar, PT Rineka Cipta, Bandung.

Depdiknas, 2006, Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, BSNP, Jakarta.

Tafsir , Ahmad, 2011, Metodelogi pengajaran Agama Islam, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tambak, Syahraini, 2014, 6 Metode ilmiah dan inovatif pendidikan agama islam, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sukandarrumidi, 2006, Metodologi penelitian: petunjuk praktis untuk peneliti pemula, Gadjah Mada University press. Cet III, Yogyakarta.

Susilo, Edy. 2012, Penggunaan Metode Karyawisata Dengan Bantuan Lembar Kerja Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Gunawan Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang Semester 2. SKRIPSI.

Supriyanto Teguh. 2006. Penggunaan metode karyawisata dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi agama islam Studi kasus di SMP kalideres Jakarta Barat). Jakarta Barat: SKRIPSI.

Tambak, S. (2014). Pendidikan Agama Islam: Konsep Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Usaha, L., Inah, E. N., & Kadir, F. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL KOPERATIF NAMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS III B MADRASYAH IBTIDAIYAH NEGERI II KONAWE SELATAN. Al-Ta'dib, 146-163.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 suridah suridah, rani anggraini, fahrurrozi fahrurrozi, ruhiyati ulfa, dimas fajar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats