Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan karakter yang memiliki tujuan membentuk dan membangun pola pikir, sikap dan perilaku peserta didik supaya menjadi pribadi yang positif, berakhlak karimah, berjiwa luhur, dan bertanggung jawab. Karakter bangsa merupakan aspek yang sangat penting dari kualitas SDM karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, lokasinya di SMPN 1 Bantaran, sumber datanya informan, pengumpulan datanya dengan observasi, interview , dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian hasil penelitian: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan di SMPN 1 Bantaran melalui pendidikan PAI adalah nilai kejujuran, taat kepada agama, disiplin, kerjasama, toleransi, cinta ilmu, kepedulian, dan tanggung jawab., 2) Wujud penanaman nilai pendidikan karakter di SMPN 1 Bantaran dengan mengadakan kegiatan keagamaan seperti hadrah, shalat jum’at bergilir yang digunakan untuk memberikan ketrampilan khusus kepada anak didik untuk bekal di masa depan. Metode yang digunakan untuk menanamkan nilai pendidikan karakter di SMPN 1 Bantaran pada peserta didik antara lain adalah metode uswah al-hasanah, nasehat, ceramah, dan pembiasaan..3) Evaluasi untuk pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam dapat dilakukan dengan pengamatan/observasi langsung, hasil penugasan, partisipasi kegiatan, dan lain-lain
Full Text:
PDFReferences
Abdul Gafur. S.S., M. P. . (2012). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Silabus Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Seminar Dan Lokakarya Pendidikan Karakter Berbasis Masjid, 1–7.
Bahar Agus Setiawan, Benny Prasetiya, S. R. (2019). Implementasi Tasawuf dalam Pendidikan Agama Islam: Independensi, Dialog, dan Integrasi. POTENSIA, 5(1), 64–78.
Benny, Prasetiya; Sofyan, R. (2017). PENDIDIKAN NILAI: KONSEP DAN IMPLEMENTASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Imtiyaz, 1(2), 15–33.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Dianti, P. (2016). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 23(1). https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2062
Fitri, A. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER PRESPEKTIF AL-QURAN HADITS. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 38–67.
Kosim, A. (2019). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SCHOOL CULTURE. Jurnal Wahana Karay Ilmiah, 3(1), 240–251.
Marjuni, M. (2015). Pilar-Pilar Pendidikan Karakter Dalam Konteks Keislaman. Auladuna, 2(1), 154–169. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna%250Ahttp://moraref.or.id/record/view/29271
Mubarok, A. Z. (2019a). Model pendekatan pendidikan karakter di pesantren terpadu. Ta’dibuna, 8(1), 134–145. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1680
Mubarok, A. Z. (2019b). MODEL PENDIDIKAN PESANTREN TERPADU DALAM MEMBINA KARAKTER DI ERA GLOBALISASI. Quality, 7(1), 191–204.
Muhammad Ahyar Ma‟arif; Abdul Hamid. (2018). PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER PENDIDIKAN ISLAM. An-Nisa, 11(1), 93–104.
Mushfi, M., Iq, E., & Fadilah. (2019). INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL JADID. Jurnal MUDARRISUNA, 9(1), 1–25.
Nirwani Jumala, A. (2019). INTERNALISASI NILAI-NILAI SPIRITUAL ISLAMI DALAM KEGIATAN PENDIDIKAN. Jurnal Serambi Ilmu, 20(20), 1.
Nuni Nurajizah, Beti Rahayu, C. P. B. (2019). Model Hidden Curicculum Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik. JURKAM, 3(1), 23–27.
Otaya, L. G. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai. Nadwa, 8(1), 75. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.571
Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). Penguatan nilai ketauhidan dalam praksis pendidikan islam. Journal of Islamic Education (JIE), III(1), 1–15.
Puspita, N. K. S. L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal DIKDAS BANTARA, 2(1), 57–72.
Rofi, S., Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad, 11(2), 396–414.
Sofanudin, A. (2015). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA EKS-RSBI DI TEGAL. SMART, 1(2). https://doi.org/10.18784/smart.v1i2.248
Sunarti, T., Zamroni, & Dkk. (2009). the Internalization and Actualization of Character Values in the Students of Junior High Schools in Phenomenological Perspective. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikas, 181–195.
Ulil, Hidayah, Benny, P. (2019). MULTICULTURAL EDUCATION IN MADRASAH DINIYAH AS PREVENTION OF RELIGIOUS CONSERVATISM. JURNAL TARBIYAH, 26(1), 168–184. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Wahyudi, A., & Huda, M. (2019). Internalization of Islamic Values for Students with Special Needs in Special School Education Institutions ( SLB ). Al -Hayat, 3(1).
Widayanto, A., & Pratiwi, H. (2018). Character building in physics learning for Indonesia children Character building in physics learning for Indonesia children. Journal of Physics: Conference Series PAPER. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012043 1234567890
Wijayanti, N. F. (2018). AKTUALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. An-Nisa’, 11(1), 83–92.
Yunarti, Y. (2016). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 11(2), 262–278.
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 benny prasetiya, saifuddin Saifuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing: |