Evaluasi Pelaksanaan Standar Produk Hasil Belajar pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi pencapaian hasil belajar yang telah ditetapkan berdasarkan standar produk pada satuan pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi model CIPP dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi di lapangan, wawancara terhadap guru dan kepala sekolah, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaporan hasil belajar anak sudah menyertakan seluruh aspek pengembangan anak. Pelaporan dibuat dalam bentuk narasi berdasarkan rekapitulasi jumlah angka yang diperoleh anak dalam penilaian harian. Kelemahan penilaian semacam ini adalah kurangnya fakta berupa laporan atau catatan tertulis tentang kemajuan anak sebagai dasar membuat laporan akhir.
Full Text:
PDFReferences
Anamara, M. G. V. (2014). Evaluasi program implementasi standar PAUD. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 301-314. DOI: 10.21009/JPUD.082.010
Anhusadar, L. O. (2016). Kreativitas pendidikan di lembaga PAUD. Al-Ta’dib, 9(1), 76–93.
Anhusadar, L. O. (2018). Perkembangan otak anak usia dini. Shautut Tarbiyah, 30, 98–113.
Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2019). Taman layak anak usia dini di Kota Kendari. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 117. DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.143
Arikunto, S. (2004). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Basford, J., & Wood, E. (2018). Assessment in early childhood education in England: Handbook of international perspectives on early childhood education. DOI: 10.4324/9781315562193-25
Felayati, & Yaswinda. (2019). Penerapan model evaluasi CIPPO dalam mengevaluasi penyelenggaraan lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 30-40. DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.238
Hermawati, I. (2007). Evaluasi program pendidikan anak usia dini (PAUD) bagi anak dari keluarga miskin di tempat penitipan anak (TPA) Beringharjo, Yogyakarta. Jakarta: Departemen Sosial RI, Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan, Pelayanan Kesejahteraan Sosial.
Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2019). Penerapan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program layanan PAUD holistik integratif. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 10-25.
Kasrani. (2016). Evaluasi program pendidikan anak usia dini (PAUD). Manajemen Pendidikan, 25(2), 233–243.
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.
Mulyatiningsih. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Munawar, M., Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2013). Pengembangan model pembelajaran inovatif melalui pendekatan in house training berbasis kearifan budaya lokal. PAUDIA, 2(1), 1–13.
Musfiroh, T. (2008). Bermain sambil belajar dan mengasah kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.
SIAP. (2020). Rekapitulasi data pendidikan di Kabupaten Wakatobi: TK/PAUD. Sistem Informasi Aplikasi Online Versi 2.0.0 Beta. Diakses dari http://wakatobi.siap-online.com
Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP evaluation model: How to evaluate for improvement and accountability. New York: Guilford Publications.
Sumantri. (2005). Model pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Suyadi. (2010). Psikologi belajar PAUD. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi program pengelolaan lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67-76. DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.259
Popham, W. J. (1975). Educational evaluation. New Jersey: Prentice-Hall.
Wirawan. (2012). Evaluasi teori, model, standar, aplikasi dan proses. Jakarta: Rajawali Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdbwv13i1.1775
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 La Ode Anhusadar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing: |