MENGGAGAS PONDOK PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MASA DEPAN YANG MENCERAHKAN

Ismail Ismail

Abstract


Salah satu lembaga pendidikan Islam yang memberikan
kontribusi untuk bangsa ini adalah pondok pesantren. Pondok
pesantren merupakan khas pendidikan Islam yang tertua di
Indonesia. Diabad 21 konsep pembaharuan pendidikan lembaga
pondok pesantren yang lebih baik sudah menjadi keharusan untuk
menjawab tantangan zaman.
Realitas jika kita teropong lebih dalam bagaimana dinamika
lembaga pondok pesantren dulu hingga sekarang, melihat kelemahan
dan kelebihan yang ada di dalamnya perlu diadakan pembaharuan
untuk menuju pendidikan Islam yang lebih baik. Untuk itu dalam2
tulisan ini dibahas tentang bagaimana menggagas lembaga pondok
pesantren yang selama ini dikambinghitamkan sebagai pendidikan
Islam klasik, tradisional, tertinggal dan fanatik terhadap hal-hal
yang faktual. Menuju kearah pendidikan Islam yang mencerahkan.
Kata Kunci : Pondok pesantren, pendidikan Islam dan
masa depan yang mencerahkan.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats