ECO-PESANTREN; MODEL PENDIDIKAN BERBASIS PELESTARIAN LINGKUNGAN

Jumarddin La Fua

Abstract


Upaya untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan melalui
pendidikan lingkungan akan memberikan andil besar dalam mencegah
perusakan lingkungan lebih jauh bahkan memperbaiki kerusakan yang
sudah terjadi. Pendidikan lingkungan hidup merupakan usaha
menumbuhkembangkan dan meningkatkan kesadaran komunitas untuk
berperilaku ramah terhadap lingkungan sehingga keberlanjutan
ekosistem tetap terjaga. Salah satu model pendekatan yang dapat
dikembangkan adalah pendidikan eco-pesantren. Eco-pesantren
merupakan model pendidikan yang berusaha untuk menghasilkan santri
yang memiliki bekal ilmu yang seimbang antara ilmu duniawi dengan
ilmu ukhrowi, sehingga dapat menyeimbangkan antara ibadah
mahdhah dengan ibadah ghairu mahdhah serta dapat menerapkan
konsep Islam yang utuh, yaitu rahmatan lil’alamin.
Pendidikan berbasis eco-pesanten merupakan kegiatan untuk
menjadikan pondok pesantren berbasis ramah lingkungan melalui
bentuk-bentuk kegiatan seperti peningkatan pola hidup yang ramah
lingkungan, pengembangan unit kesehatan dan lingkungan dalam
pesantren, memasukkan kurikulum lingkungan dalam pesantren serta
melakukan aksi nyata dalam pengelolalan sampah, air bersih, sanitasi
dan MCK, yang dapat dijadikan percontohan dan pembelajaran bagi
masyarakat sekitarnya. Melalui model pendidikan eco-pesantren ini
diharapkan akan melahirkan intelektual Islami yang berorientasi pada
mutu, berdaya saing tinggi, dan berbasis pada sikap spiritual tetapi
juga ikut andil dalam pembangunan bangsa yang memiliki pola pikir
berwawasan lingkungan.
Kata Kunci: Eco-Pesantren, pendidikan, dan pelestarian
lingkungan.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats