DIKOTOMI ILMU DAN DUALISME PENDIDIKAN

Samrin Samrin

Abstract


Polemik di sekitar dikotomi dan dualisme pendidikan
dikalangan para ahli masih terus berlangsung. Diterimanya prinsip
dikotomi antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum adalah di
antara indikasi kerapuhan dasar filosofis pendidikan Islam itu.
Dikotomi terlihat dengan jelas pada dualisme sistem pendidikan di
negeri-negeri muslim, sistem pesantren dengan segala variasi dan
implikasinya dalam pembentukan wawasan intektual keIslaman
umat, dan sistem pendidikan sekuler dengan segala dampak dan
akibatnya dalam persepsi keagamaan. Dualisme dikotomi ini
diperkuat oleh sistem penjajahan Barat atas dunia Islam yang
berlangsung lama.
Dengan adanya usaha Islamisasi pengetahuan yang marak
diperbincangkan, dianggap sebagai usaha untuk
mengspritualisasikan atau pemberian nilai-nilai rohaniah pada
upaya penggalian dan pengamalan ilmu pengetahuan, sehingga
melahirkan ilmu pengetahuan yang tidak dikotomi dan tidak
sekuler ( ilmu atau pengetahuan yang terpadu).
Kata Kunci : Dikotomi, Dualisme, dan Pendidikan


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats