DINAMIKA KARAKTERISTIK PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Analisis Tematik Ayat-Ayat Tentang Pendidikan)

Muhammad Hasdin Has

Abstract


Tulisan ini tentang karakteristik pendidikan perspektif al-
Quran dilatarbelakangi oleh berbagai teori pendidikan dan ijtihad
para ilmuan dalam mencari sistem pendidikan terbaik bagi peserta
didik dan perkembangannya juga memunculkan lembaga-lembaga
pendidikan berlabel agama Islam dari tingkat dasar sampai
perguruan tinggi, kemudian dalam al-Quran terdapat banyak ayat
tentang pendidikan baik hakikat dan unsur-unsurnya menggugah
penulis untuk melihat sejauh mana konsep pendidikan perspektif al-
Qur’an.
Tulisan ini adalah library research dengan mengeksplorasi
berbagai ayat-ayat tentang pendidikan dalam al-Qur’an serta
petunjuk hadis yang relevan kemudian dianalisis dengan pendekatan
tafsir tematik sehingga berhasil memunculkan karakteristik dan
tujuan pendidikan dalam al-Quran.
Terdapat tiga term pendidikan dalam al-Quran: tarbiyah,
ta’lim dan ta’dib. Kata tarbiyah lebih mewakili pendidikan Islam
perspektif al-Quran karena maknanya mencakup mendidik,
mengajar, mengasuh, membimbing (Q.S al-Fatihah ayat 2).
Kemudian pendidik sesungguhnya adalah Allah Swt melalui rasulrasul-
Nya untuk menciptakan insan kamil dengan segala karakter
terpujinya (Q.S al-Taubah ayat 128 dan al-Alaq ayat 1-5) oleh
karena itu tujuan pendidikan dalam al-Quran adalah memelihara
fitrah manusia menuju kesempurnaan (Q.S al-Dzariyat ayat 56).
Kata Kunci: Pendidikan, al-Quran, dan

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v7i2.322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats