MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 2 WAKORUMBA UTARA KABUPATEN MUNA

Jumarddin La Fua, Dewi Sartiwi

Abstract


Abstrak
Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2
Wakorumba Utara saat ini masih kurang, dikarenakan guru masih
menggunakan strategi/metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran
dikelas sehingga suasana belajar membosankan dan satu arah. Untuk
mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan adanya penggunaan strategi
pembelajaran yang bervariasi. Dan penggunaan strategi Questions
Students Have dapat merangsang aktivitas siswa dalam belajar dan
hasil belajar siswa. tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan
penggunaan strategi Questions Students Have dan meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada
siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Wakorumba Utara. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa
tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. teknik
pengumpulan data yaitu data tentang pelaksanaan pembelajaran
dengan menggunakan strategi Questions Students Have diperoleh
melalui lembar observasi siswa sedangkan data tentang hasil belajar
siswa diperoleh dari tes tiap akhir siklus. Dengan indikator kinerja
setiap siswa ditetapkan bahwa jika telah 80 % siswa memperoleh nilai
70, dan indikator proses pembelajaran yang disajikan oleh guru telah
mencapai kategori baik melalui penggunaan strategi Questions
Students Have. Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada
setiap tindakan siklus yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan
bahwa melalui strategi Questions Students Have pada semester ganjil
khususnya pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Wakorumba Utara
menunjukan adanya peningkatan dengan nilai rata-rata siklus I
meningkat dibandingkan dengan nilai tes awal 66.5 menjadi 72.25
dengan presentase peningkatan 8.64%. namun belum mencapai
indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80%. siswa memperoleh
nilai 70. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah tindakan siklus II
meningkat dibandingkan dengan rata-rata siswa pada siklus I yaitu 

72.25 menjadi 79.71 dengan presentase peningkatan sebesar 10.33 %
dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu
89.28 % siswa telah mendapat nilai minimal 70.
Kata kunci : Questions Students Have, Hasil Belajar, Pendidikan
Agama Islam


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i1.392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats