QUESTION AND ANSWER TECHNIQUE IN TEACHING ENGLISH IS THIS STILL FAVORED OR NOT?

Abdul Halim

Abstract


Penelitian ini membahas persepsi mahasiswa terhadap tehnik “question and
answer”. Penelitian ini dilakukan di semester 3 pada Jurusan Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Kendari. Penelitian
ini dilakukan karena sebagian besar mahasiswa pada dasarnya cenderung
menghindari belajar bahasa Inggris dan mudah bosan selama proses
pembelajaran. Penelitian ini akan memberikan nuansa yang berbeda dalam
mengajar Bahasa Inggris serta mempresentasikan persepsi mahasiswa
terhdap tehnik “question and answer” yang mereka sudah lakukan.
Instrumen yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah senagai
berikut: observasi, kuesioner dan wawancara. Dari hasil trianggulasi,
penelitian ini menemukan bahwa tehnik “question and answer” dapat
membantu mahasiswa untuk belajar, dan bahkan sebagian besar siswa setuju
jika mereka telah mendapatkan kepercayaan diri yang kuat setelah belajar
dengan menggunakan tehnik “question and answer”. Ini berarti bahwa siswa
memiliki persepsi yang sangat tinggi. Faktor menarik yang membuat tehnik
yang sederhana bisa effective dalam kelas adalah penelitian ini mencoba
mengintegrasikan lagu, bermain peran, dan presentasi. Pembahasan
penelitian ini diharapkan dapat memberikan ide-ide baru untuk bisa
melakukan penelitian terkait lainnya di masa yang akan datang.
Kata Kunci : Persepsi mahasiswa, question and answer technique,
pelajaran Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam
Semester III,


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats