MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR

Abdul Kadir

Abstract


Tes merupakan suatu bentuk alat evaluasi untuk mengukur seberapa jauh
tujuan pengajaran telah tercapai,jadi berarti evaluasi terhadap hasil
belajar.Tes yang baik harus memenuhui beberapa persyaratan, yaitu; harus
efisien, harus baku, mempunyai norma, objektif, valid (sahih), dan reliabel
(andal). Untuk memperoleh tes yang memenuhi persyaratan tersebut maka
tes yang telah dibuat perlu dianalisis. Analisis tes dimulai dari saat
menyusun tes dimana tes yang disusun harus berdasarkan Silabus/SAP
setiap mata pelajaran, membuat kisi-kisi terlebih dahulu, baru kemudian
menyusun soal sesuai kaidah-kaidah penyusunan soal berdasarkan jenis soal
yang diinginkan. Bentuk tes pilihan ganda sukar atau mudahnya suatu soal
bukan semata-mata ditentukan oleh materi soal, akan tetapi ditentukan juga
oleh teknik penyusunannya. Pedoman umum penulisan butir soal tes pilihan
ganda adalah; 1) Butir soal harus sesuai dengan indikator, 2) Pokok soal dan
pilihan jawaban harus dirumuskan secara jelas, singkat, padat, dan tegas,
sehingga perumusan tersebut hanya mencakup pernyataan yang diperlukan
saja, 3) Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar,4)
Pokok soal dan pilihan jawaban tidak mengandung pernyataan yang bersifat
negatif ganda, 5) Pilihan jawaban yang merupakan kunci jawaban harus
menunjukan kebenaran mutlak dan terbaik, 6) Pilihan jawaban harus
homogen dan logis secara materi dan bahasa, 7) Panjang rumusan pilihan
jawaban harus relatif sama, 8) Pilihan jawaban sebaiknya jangan memakai
bunyi “semua pilihan jawaban di atas salah “atau “semua pilihan jawaban di
atas benar”, dan 9) Pilihan jawaban berbentuk angka harus disusun
berdasarkan urutan kecil ke besar atau sebaliknya. Tes yang telah disusun
perlu diuji coba terlebih dahulu kepada peserta lain sebelum diujikan kepada
peserta yang sebenarnya.Selanjutnya setiap peserta uji coba diambil skornya
masing-masing dan ditabelkan, kemudian hitung validitasnya,tingkat
kesukaran, dan daya beda.Sebagai kesimpulan dari analisis tes adalah bahwa
dari sejumlah tes yang disusun maka soal yang diambil adalah soal-soal
yang valid, indek kesukaran sedang, daya beda baik dan baik sekali.Soal
yang tidak memenuhi kriteria ini dibuang (tidak dipakai).Oleh sebab itu
jumlah soal yang disusun harus melebihi jumlah soal yang diinginkan.
Kata Kunci: validitas, reliabilitas, tes, hasil belajar


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats