APLIKASI MAHARAH KITABAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Sitti Kuraedah

Abstract


Menulis merupakan suatu aktifitas untuk mengaktualisasikan kemampuan
diri dan spesialisasi keilmuan kepada publik, karena dari tulisan dapat
diketahui kualitas keilmuan dan spesialisasi keilmuan seseorang. Menulis
juga merupakan sarana berkomunikasi yang tidak terbatas oleh waktu dan
tempat. Jika dalam berbicara, kemungkinan audien hanya terbatas pada
ruang dan waktu tertentu, akan tetapi dengan menulis dapat menjangkau
banyak orang dalam waktu dan tempat yang berbeda. Dalam pembelajaran
bahasa Arab kemahiran menulis disebut maharah kitabah, kompetensi ini
merupakan salah satu keterampilan yang tidak dapat diabaikan karena
menulis merupakan kegiatan yang mempunyai hubungan dengan proses
keterampilan ekspresi dalam bentuk tulisan. Menulis tidak mungkin
dipisahkan dengan keterampilan berbahasa lain seperti maharah istima’,
maharah al kalam dan maharah alqira’ah. Keempat keterampilan berbahasa
tersebut harus saling melengkapi, memengaruhi satu dengan yang lain.
Tulisan ini menampilkan uraian tentang aplikasi tahapan pembelajaran
maharah kitabah dalam bahasa Arab dengan berfokus pada maharah kitabah
dasar yang melalui beberapa proses yakni dimulai dari pembelajaran tentang
tata cara menulis, menyambung huruf, menulis kata, menulis kalimat dan
menulis tanpa lihat teks, karena dengan keterampilan dasar ini sangat
membantu peserta didik untuk mengekspressikkan ide serta gagasannya
dalam tulisan Arab.
Kata Kunci: Aplikasi, Maharah Kitabah


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats