KINERJA BADAN AKREDITASI PROVINSI SEKOLAH/MADRASAH (BAP S/M) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Zulkifli M.

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja BAP S/M Provinsi Sulawesi
Tenggara, dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sulawesi Tenggara.
Fokus penelitian adalah bagaimanakah kinerja Badan Akreditasi Propinsi
Sekolah/Madrasah (BAP S/M) dalam meningkatkan mutu pendidikan di
Sulawesi Tenggara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara
dan dokumentasi yang diolah dengan cara kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Kinerja BAP S/M Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai
lembaga yang mengakreditasi Sekolah/Madrasah telah melaksanakan
programnya dengan memetakan sekolah/madrasah sebagai salah satu
komponen peningkatan mutu pendidikan sekolah/madrasah dengan
mengacu pada standar nasional pendidikan. Berdasarkan penerapan standar
yang ditetapkan oleh BAN S/M, maka lembaga ini telah melakukan
kegiatan akreditasi sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan
oleh BAN S/M dan telah berhasil mengakreditasi S/M sepanjang tahun
2006-2014 sebanyak 5660 sekolah/madrasah, yakni 5109 sekolah atau
90,3% dan 551 madrasah atau 9,7%,
Kata Kunci: Kinerja BAP S/M, Mutu Pendidikan.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats