KINERJA BADAN AKREDITASI PROVINSI SEKOLAH/MADRASAH (BAP S/M) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja BAP S/M Provinsi Sulawesi
Tenggara, dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sulawesi Tenggara.
Fokus penelitian adalah bagaimanakah kinerja Badan Akreditasi Propinsi
Sekolah/Madrasah (BAP S/M) dalam meningkatkan mutu pendidikan di
Sulawesi Tenggara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara
dan dokumentasi yang diolah dengan cara kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Kinerja BAP S/M Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai
lembaga yang mengakreditasi Sekolah/Madrasah telah melaksanakan
programnya dengan memetakan sekolah/madrasah sebagai salah satu
komponen peningkatan mutu pendidikan sekolah/madrasah dengan
mengacu pada standar nasional pendidikan. Berdasarkan penerapan standar
yang ditetapkan oleh BAN S/M, maka lembaga ini telah melakukan
kegiatan akreditasi sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan
oleh BAN S/M dan telah berhasil mengakreditasi S/M sepanjang tahun
2006-2014 sebanyak 5660 sekolah/madrasah, yakni 5109 sekolah atau
90,3% dan 551 madrasah atau 9,7%,
Kata Kunci: Kinerja BAP S/M, Mutu Pendidikan.
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.417
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Al-Ta'dib
Indexing: |
![](https://journal.uny.ac.id/public/site/images/sarip/sinta_logo_S31.png)
![](/public/site/images/admin/googlescholarwarning.png)
![](http://journal.walisongo.ac.id/public/site/images/psikohumaniora/DIMENSIONS_INDEX1.png)
![](https://heritage.kemenag.go.id/public/site/images/admin/moraref.png)
![](https://heritage.kemenag.go.id/public/site/images/admin/garuda1.png)
![](https://journal.uinsgd.ac.id/public/site/images/bbusro/onesearch.png)
![](https://journal.uinsgd.ac.id/public/site/images/hamdansugilar/crosreff4.png)
![](http://ijain.org/files/pkp-index.png)
![](https://journal.uinsgd.ac.id/public/site/images/hamdansugilar/base.jpg)
![](https://ejournal.iainkendari.ac.id/public/site/images/admin/doaj3.png)