IMPROVING STUDENTS’ MOTIVATION THROUGH SHORT STORY IN LEARNING ENGLISH

Wa Saripah, Suhartini Syukri

Abstract


Abstrak
Siswa terlihat tidak aktif, tidak ada binar mata antusias, kurang bergairah, stress dan memberi respon negatif lainnya merupakan faktor penghambat pembelajaran Bahasa Inggris yang terjadi di kelas X2 MAN 1 Bombana tahun pelajaran 2014/2015. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) masalah ini dicoba untuk diatasi dengan menggunakan short story. PTK dilakukan dalam 2 siklus, dengan tujuan penelitian: mendeskripsikan aktivitas siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap proses belajar Bahasa Inggris. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas X2 MAN 1 Bombana tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 23 orang. Data diperoleh melalui observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Kemudian dianalisilis secara deskriptif kualitatif. Hasil angket motivasi siklus I; 46% dengan kualifikasi rendah. Disiklus II, persentase ini meningkat menjadi 84% dengan kualifikasi tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa meningkat, respon siswa positif dan indikasi kuat motivasinya meningkat.


Kata Kunci: cerita pendek; motivasi siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v10i2.627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Wa Saripah, Suhartini Syukri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats