MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMAI ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan apakah model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas X IPS 5 SMAN 5 Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan objek penelitian kelas X IPS 5 yang berjumlah 36 siswa. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar yang dianalisi secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar PAI siswa kelas X IPS 5 SMAN 5 Kendari melalui model pembelajaran Cooperative Script meningkat pada kategori baik, pada siklus I 59,44% meningkat menjadi 82,39% pada siklus II, dan hasil aktivitas guru pada siklus I 77,65% meningkat menjadi 85,42% pada siklus II. Hasil belajar PAI siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai prasiklus sampai siklus II yakni nilai rata-rata prasiklus mencapai 68,55, dengan ketuntasan belajar mencapai 52,77% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 63,88% dengan nilai rata-rata 72,22. Ketuntasan belajar setelah siklus II mencapai 83,33% dengan nilai rata-rata 79,23. Secara menyeluruh peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus II sebesar 57,91%
Kata Kunci :Model Pembelajaran; Cooperative Script; Aktivitas belajar; Hasil Belajar PAI.
Full Text:
PDFReferences
A’la, Miftahul, (2011), Quantum Teaching, Yogyakarta, Diva Press
Daulay, Haidar Putra. (2007). Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Penerbit Kencana.
Hamalik, Omar (2009). Psikologi Belajar: Jakarta. Rineka Cipta
Hidayat, Irwan, Jurnal Pendidikan, Teori Penelitian dan Pengembangan, Volume: 2 Nomor: 4 2017 h. 562-568
Ibrahim, dkk. (2000) Pembelajaran Berdasarkan MasalahI: Surabaya Unesa University
IK Sudiana. (2012). Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) Upaya Pengembangan Soft Skill melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar mahasiswa Pada Pembelajaran Kimia dasar, Vol I (2)
Jamie,L. Miguel,G., Diana, B. Hugo,C. (2009) Using Multimedia Activities for Homework and in-Class Exercises to improve the results of university students. WSEAS Transactions on Advances in Engineering Education. Volume 6(1) 22-32
Kadir, St. Fatima (2014). Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Ta’dib Vol, 7(2).
Kuraedah St dan Saliadin La. (2016). Meningkatkan metode picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas v B di MIN Konawe Selatan kec. Konda Kab. Konawe Selatan. Jurnal Al-Ta’dib, 9, 144.
Max, Darsono. (2000). Belajar dan Pembelajaran:Semarang, IKIP Semarang Press.
Mirwan Ode Ganimu. (2015). Skripsi :Kendari.Institut Agama Islam Negeri Kendari
Muhammad Fathurrohman dan sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Yogyakarta. Teras Sukses Offset
Muhibbin Syah. (2004). Psikologi Belajar :Jakarta. Raja Grafindo Persada
Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan: Bandung. Remaja Rosdakarya.
Nomor, B. U. U. R. I. "Kata Kunci: Pendidikan, Anak Usia Dini dan Assessment." Jurnal Al-Ta’dib Vol 6.1 (2013).
Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar: Jakarta. PT. Bumi Aksara
Rusman. (2014). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Kedua: Jakarta. Rajawali Pers.
Saleh Abdurahman. (2002). Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam: Jakarta. Ciputat Pers
Samrin, (2013) peningkatan aktivitas belajar siswa pada bidang studi PAI melalui model mencari pasangan. Al-Izzah. 8: 181
Sardiman A.M. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Bandung. Remaja
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Steenbrink, Karel A. (1986). Pesantren, Madrasah Sekolah, Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen, Jakarta: LP3ES.
Sudjana. (2012). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Suharsimi Arikunto, dan Safrudin. (2004). Evaluasi Program: Pedoman Teoritis Praktisi Pendidikan: Jakarta. Bumi Aksara
Suryanto, Asep Jihad. (2013). Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Bertanya Kelas Vii SMP Jakarta, Vol. 02. No. 02. Jurnal Pendidikan
Wekke, Ismail Suardi. (2011). Pendidikan Islam dan Pemberdayaan Masyarakat (Tinjauan Pendidikan Vokasional Pesantren Roudhatul Khuffadz Sorong), dalam Jurnal Kajian Islam Interdisipliner Hermenia, Vol. 10, No. 1, Desember 2011, 23-53
Wina Sanjaya. (2008). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran: Jakarta. Kencana
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v11i1.951
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Hajaryanti Hajaryanti, St Kuraedah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing: |
![](https://journal.uny.ac.id/public/site/images/sarip/sinta_logo_S31.png)
![](/public/site/images/admin/googlescholarwarning.png)
![](http://journal.walisongo.ac.id/public/site/images/psikohumaniora/DIMENSIONS_INDEX1.png)
![](https://heritage.kemenag.go.id/public/site/images/admin/moraref.png)
![](https://heritage.kemenag.go.id/public/site/images/admin/garuda1.png)
![](https://journal.uinsgd.ac.id/public/site/images/bbusro/onesearch.png)
![](https://journal.uinsgd.ac.id/public/site/images/hamdansugilar/crosreff4.png)
![](http://ijain.org/files/pkp-index.png)
![](https://journal.uinsgd.ac.id/public/site/images/hamdansugilar/base.jpg)
![](https://ejournal.iainkendari.ac.id/public/site/images/admin/doaj3.png)